KONI Sulteng gelar Porprov IX di Banggai sesuai jadwal

id Olahrga

KONI Sulteng  gelar Porprov IX di Banggai sesuai jadwal

Ilustrasi Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia Sulawesi Tengah. ANTARA/Muhammad Izfaldi

Palu (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah (KONI Sulteng) tetap menggelar pekan olahraga provinsi IX (Porprov) sesuai jadwal 19-26 November 2022 di Kabupaten Banggai.

"Kami sudah sampaikan dan sudah menyurati KONI Kabupaten Banggai bahwa Porprov tetap berjalan sesuai jadwal yakni November 2022," kata Sekretaris Umum KONI Sulteng Husain Alwi di Palu, Rabu.

Dia menjelaskan secara prinsip seluruh rangkaian persiapan Porprov telah sesuai dengan perencanaan yakni target penyiapan lokasi pertandingan sudah berjalan dengan lancar.

Kemudian, sejumlah pembangunan infrastruktur yang menjadi domain dari pemerintah Kabupaten Banggai maupun KONI kabupaten setempat telah dilaksanakan.

Akan tetapi, Husain mengakui adanya sejumlah kendala sesuai laporan KONI Banggai yakni keterlambatan pembangunan salah satu dari lokasi pertandingan karena keterbatasan anggaran.

"Sesuai yang disampaikan seperti lokasi panjat tebing mungkin akan terlambat, akan tetapi itu tidak dapat menjadi sebab untuk penundaan Porprov IX Sulteng 2022," jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya meyakinkan anggaran yang sudah disepakati dengan nilai mencapai Rp10 Miliar bersumber dari APBD-Perubahan Sulteng itu tersalurkan akhir September 2022.

Sementara Kepala Kesekretariatan KONI Banggai, Sugianto Djanun menyampaikan bahwa usulan penundaan itu memiliki dasar yang kuat serta berbagai pertimbangan yang matang.

"Kami mempertimbangkan untuk dimundurkan karena kondisi anggaran yang terbatas membuat sejumlah tahap penyiapan lokasi pertandingan menjadi terhambat," ujarnya.

Meskipun begitu, pihaknya mengaku akan bekerja ekstra untuk memenuhi target penyiapan lokasi pertandingan yang tersisa maksimal dua bulan ke depan.

"Kami panitia lokal akan semaksimal mungkin akan tetapi tidak ingin terkesan untuk memaksakan terlalu jauh," demikain Sugianto.