Pemkab Sigi ajukan bantuan rumah layak huni ke Kemensos

id Pemkab Sigi,Kemensos,Wabup Sigi,Samuel Pongi,Dinsos Sigi

Pemkab Sigi  ajukan bantuan rumah layak huni ke Kemensos

Pertemuan antara Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi dengan Plt Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Robben Rico dan Direktur  Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos Iyan Kusmadiana di Jakarta. ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengajukan permohonan bantuan rumah layak huni ke Kementerian Sosial untuk membantu warga miskin di daerah tersebut, dalam rangka percepatan pembangunan kesejahteraan warga.

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi, di Sigi, Jumat, mengakui bahwa pihaknya telah menemui pejabat Kementerian Sosial untuk optimalisasi pembangunan kesejahteraan warga khususnya penyediaan rumah layak huni bagi warga miskin.

"Kami telah menemui Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial dan Direktur PSKBA Kemensos di Jakarta," ucap Samuel Pongi.

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi didampingi Kepala Dinas Sosial Ariyanto dan pejabat Dinas Sosial Sigi menyerahkan langsung proposal permohonan bantuan kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini melalui Plt Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Robben Rico dan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos Iyan Kusmadiana di Jakarta.

Kata Samuel, proposal itu memuat tentang permohonan bantuan rumah layak huni sebanyak 43 unit untuk warga yang rumahnya terdampak banjir bandang, kebakaran dan terdampak angin puting beliung.

Kemudian, ujar dia, selain rumah, pihaknya juga memohon kepada Kemensos agar membantu sarana berupa perahu fiberglass untuk diberikan kepada warga di wilayah Kecamatan Lindu.

Hal itu karena, sebagian wilayah permukiman warga di Kecamatan Lindu dijangkau harus melewati Danau Lindu untuk memotong akses, ketimbang melewati jalan setapak di daratan yang jauh.

"Kami juga memohon bantuan perahu fiberglass sebanyak dua unit yang diperuntukkan untuk warga di Kecamatan Lindu," katanya.

Dia mengatakan, permohonan bantuan rumah layak huni itu sebagai upaya percepatan pemulihan masyarakat yang terdampak bencana alam banjir bandang, kebakaran dan angin puting beliau, serta permohonan bantuan perahu demi mempercepat pelayanan sosial kepada masyarakat di Kecamatan Lindu.

Dalam pertemuan itu, ujar dia, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial serta Direktur PSKBA merespons positif permohonan bantuan tersebut.

Direktur PSKBA Kemensos Iyan Kusmadian mengatakan permohonan bantuan rumah dari Pemkab Sigi akan ditindaklanjuti melalui program penyediaan rumah sejahtera terpadu, yang diperuntukkan bagi warga yang belum memiliki rumah layak huni.
Pertemuan antara Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi dengan Plt Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Robben Rico dan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos Iyan Kusmadiana di Jakarta. ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi