Ketua KPU Donggala minta warga berpartisipasi dalam pendataan pemilih

id KPU Donggala,Pemilu dan Pemilihan 2024,Data pemilih,Dpb donggala,Daftar pemilih berkelanjutan,M unggul

Ketua KPU Donggala  minta warga berpartisipasi dalam pendataan pemilih

Ketua KPU Kabupaten Donggala M. Unggul. ANTARA/HO-KPU Kabupaten Donggala

Palu (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala M. Unggul meminta warga setempat berpartisipasi dalam pendataan pemilih berkelanjutan guna memastikan mereka terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2024.

Unggul yang dihubungi dari Palu, Selasa, mengatakan bahwa partisipasi dan keterlibatan langsung warga sangat penting guna memastikan mereka yang telah memenuhi syarat sebagai wajib pemilih terdaftar dalam  daftar pemilih.

Unggul mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang melaksanakan pendataan dan pemuktahiran data pemilih berkelanjutan (DPB) sebagai bentuk salah satu persiapan menghadapi Pemilu 2024.

"Partisipasi langsung dari masyarakat pada momentum ini sangat penting," kata Unggul.

Proses DPB, kata dia, telah dimulai oleh KPU Kabupaten Donggala sejak April 2021 dan akan berakhir pada bulan September 2022. Dalam proses itu, setiap bulan KPU melaksanakan pleno DPB yang melibatkan pemerintah daerah, Bawaslu Donggala, dan forkompimda terkait.

"Kami akan melaksanakan pleno akhir pada bukan Oktober 2022 dan hasilnya akan kami sampaikan kepada masyarakat," ujarnya.

Berdasarkan data KPU Kabupaten Donggala menyebutkan bahwa DPB periode Agustus 2022 sebanyak 206.352 jiwa terdiri atas laki-laki 105.874 jiwa dan perempuan sebanyak 100.478 jiwa tersebar di 16 kecamatan.

"Pemilih pemula bertambah 188 jiwa, sementara 140 warga dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS)," katanya.

Jumlah tersebut jika dibandingkan dengan DPB periode Juli 2022, kata dia, alami penurunan. DPB pada bulan Juli 2022 sebanyak 206.403 jiwa terdiri atas 105.904 laki-laki dan 100.499 perempuan.

Unggul menyebutkan terdapat dua faktor yang paling signifikan memberikan pengaruh pada DPB tersebut, yaitu mutasi penduduk dan meninggal dunia.