Dinas Perumahan sebut 697 kepala keluarga di Parigi masuk program BSPS

id Bedah rumah, stimulan, kemiskinan, BSPS, PUPR, perkimparimo, pemkabparimo, Hendra Bangsawan, bp2p Sulawesi, Sulteng

Dinas Perumahan sebut 697 kepala keluarga di Parigi  masuk program BSPS

Ilustrasi - Salah satu rumah yang mendapat program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah pada 2019 di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. ANTARA/Ferry Timparosa

Palu (ANTARA) -
Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menyebutkan sebanyak 697 kepala keluarga di kabupaten itu masuk dalam program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
 
"Program bedah rumah ini sebagai upaya pemerintah melakukan percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem di daerah," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Parigi Moutong Hendra Bangsawan yang dihubungi dari Palu, Sulteng, Ahad.
 
Hendra Bangsawan mengemukakan, kehadiran bantuan stimulan tentu memberikan dampak positif terhadap kualitas rumah warga miskin, sekaligus membantu pemda setempat dalam melakukan intervensi pengurangan angka kemiskinan.
 
Ia memaparkan, dengan 679 KK terdaftar pada program BSPS tersebar di 11 kecamatan dari 23 kecamatan di Parigi Moutong, tentunya bantuan stimulan dilihat dari tingkat kerusakan rumah yang masuk kategori sedang dan berat sesuai kriteria yang ditentukan oleh Kementerian PUPR.
 
"Besaran bantuan Rp20 juta, terdiri dari Rp17,5 juta untuk kebutuhan belanja bahan dan Rp2,5 juta untuk upah tukang, dan kegiatan pekerjaan dilakukan secara swadaya," ujar Hendra.
 
Secara teknis, katanya, rumah yang dibangun mengedepankan struktur yang kokoh dan memenuhi kaidah keselamatan bangunan dengan memperhatikan berbagai aspek, salah satunya aspek kesehatan yakni cukup pencahayaan dan cukup pengawasan supaya penghuninya merasa nyaman.
 
Oleh karena itu, warga yang mendapat bantuan diminta mengoptimalkan penggunaan dana yang ada, supaya target yang diharapkan dapat tercapai.
Ia menambahkan, selain program BSPS, Parigi Moutong juga mendapat bantuan program pengentasan kemiskinan ekstrem dengan model kegiatan hampir sama.
 
Yang mana, dari kuota nasional 2.155 rumah sasaran, Parigi Moutong di sasar 762 KK di 23 desa pada lima kecamatan, dan program ini juga diselaraskan dengan program percepatan penurunan angka stunting atau tengkes di kabupaten itu, melalui intervensi penguatan aspek infrastruktur.
 
"Sesuai target Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi II jumlah sasaran 5.915 unit rumah warga miskin di Sulteng , salah satunya Parigi Moutong," kata Hendra.