Bandara Kasiguncu Poso Siap Dioperasikan

id bandara

Ilustrasi--Landasan bandara (ANTARA/Untung Setiawan)

Poso,  (antarasulteng.com) - Kepala Bandar udara Kasiguncu Poso, M Jabir mengatakan bahwa saat ini terminal baru bandara telah siap untuk dioperasikan.

"Soal kesiapan dan kelayakan terminal Bandara Kasiguncu yang baru, semuanya sudah siap," kata M Jabir di Poso, Selasa.

Saat ini pihaknya tinggal menunggu peresmian, yang rencananya akan dilakukan langsung oleh presiden Joko Widodo pada bulan Juni 2016 mendatang. Sementara untuk kepastian tanggal, pihaknya belum dapat memastikan, namun semuanya telah dikomunikasikan dengan Kementerian Perhubungan.

Jabir menggungkapkan bawa tim Otoritas Wilayah V Makassar telah melakukan kunjungan beberapa waktu lalu, untuk memastikan sejauh mana kesiapan bandara Kaiguncu dalam kelayakan peresemian. Nantinya hasil kunjungan tersebut akan dilaporkan ke Kemenhub sebagai bahan penilaian.

"Kedatangan mereka untuk memastikan kondisi Bandara dengan pemeriksaan secara rinci, hingga ke areal parkir. Menurut mereka cukup bagus dan layak," tutur Jabir.

Pembangunan terminal baru bandara Kasiguncu bersama lapangan dengan panjang landasan pacu 1.800 meter, telah selesai sejak April 2015 lalu. Namun sebelum diresmikan, pihak bandara telah melakukan tahapan ujicoba terminal bandara sejak Jumat (13/5). Penerbangan yang telah difungsikan dengan rute Poso-Makassar atau sebaliknya.  
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar