Wali Kota Palu tekankan pemerintah kelurahan prioritaskan kebersihan

id Walikotapalu, Hadianto Rasyid, Pemkotpalu, kebersihan, Adipura, sulteng

Wali Kota Palu  tekankan pemerintah kelurahan prioritaskan kebersihan

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid. ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menekankan kepada pemerintah kelurahan untuk memprioritaskan kebersihan lingkungan sebagai upaya mewujudkan "Palu Hijau" guna pembangunan kota berkelanjutan.
 
"Kelurahan dengan tingkat kebersihan lingkungan yang baik kami berikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi sekaligus mendorong masyarakat lebih perhatian terhadap lingkungan," kata dia di Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu.
 
Ia mengemukakan berbagai program dan kegiatan telah dicanangkan Pemkot Palu untuk merangsang publik peka terhadap kebersihan guna menjadikan daerah setempat sebagai kota bersih, sehat, tertib, aman, dan nyaman dikunjungi semua orang.
 
Oleh karena itu, Pemkot Palu tak henti-hentinya mengajak semua elemen masyarakat di daerah itu menjaga keasrian lingkungan dengan gotong royong dalam mendukung kemajuan pembangunan daerah.
 
"Berbagai intervensi dilakukan alhamdulillah Kota Palu semakin tertata, tidak ada lagi sampah berserakan. Saya berharap konsistensi ini tetap dijaga bahkan di tingkatkan, ini semua terjadi tidak lepas dari dukungan masyarakat," ujar Hadianto.
 
Menurut dia, program kebersihan yang digenjot pemerintah bukan hanya target meraih penghargaan Adipura, tetapi lebih dari itu, sebab menuju kota berkembang harus didukung dengan lingkungan yang sehat.
 
Di satu sisi, Kota Palu merupakan representasi Provinsi Sulawesi Tengah, maka sudah sepantasnya daerah ini mempunyai visi yang lebih maju.

"Palu harus pulih dari segala bidang setelah dilanda bencana. Arah perencanaan pembangunan mengedepankan ekologi supaya kota ini terlihat cantik," tutur Hadianto.
 
Ia juga bersyukur bahwa Palu nomine pemantauan Adipura oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
 
"Kebersihan tidak hanya berbicara sampah, penataan kawasan kumuh pada masing-masing kelurahan juga bagian dari kebersihan. Kami menjadikan kota ini sejajar dengan kota berkembang lainnya di Indonesia," demikian Hadianto.