KPU Luncurkan Tahapan Pilkada Serentak Banggai Kepulauan

id raden

KPU Luncurkan Tahapan Pilkada Serentak Banggai Kepulauan

Ketua KPU Sulawesi Tengah Sahran Raden (ist)

Insya Allah malam nanti akan diluncurkan secara resmi supaya masyarakat tahu bahwa pilkada serentak di Banggai Kepulauan segera digelar
Palu,  (antarasulteng.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, meluncurkan tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 2016.

"Insya Allah malam nanti akan diluncurkan secara resmi supaya masyarakat tahu bahwa pilkada serentak di Banggai Kepulauan segera digelar," kata Ketua KPU Sulawesi Tengah Sahran Raden yang dihubungi dari Palu di Banggai Kepulauan, Senin sore.

Dia mengatakan beberapa tahapan sebelumnya sudah dilaksanakan antara lain tahapan penganggaran oleh pemerintah daerah setempat dan penetapan ambang batas minimal calon kepala daerah dari jalur perseorangan.

Terkait dukungan dana, Sahran mengatakan tidak ada masalah dan pemerintah daerah setempat telah menandatangani naskah perjanjian hibah daerah.

"Walaupun pungut hitungnya nanti tanggal 15 Januari 2016 tetapi banyak tahapan yang harus dilalui," katanya.

Tahapan itu kata dia antara lain pemutakhiran data pemilih, pencalonan, kampanye, pungut hitung dan rekapitulasi.

Selain meluncurkan tahapan pilkada, KPU setempat juga akan meluncurkan maskot pilkada sesuai karakter politik dan demokrasi masyarakat setempat.

Pilkada serentak tahap II di Sulawesi Tengah akan diikuti dua daerah yakni Banggai Kepulauan dan dan Buol. Untuk Pilkada Buol, KPU setempat telah meluncurkan tahapan Pilkada yang sama.

Sahran optimistis KPU akan melaksanakan seluruh tahapan pilkada serentak sesuai peraturan sehingga mendapat kepastian hukum.

"Tidak ada tahapan yang berat karena semuanya sudah berkepastian hukum berdasarkan norma yang telah ditetapkan," katanya.