Wabup Sigi dorong pemuda agar terlibat aktif dalam pembangunan daerah

id sumpah pemuda,pemuda sigi,pemkab sigi,wabup sigi,samuel pongi

Wabup Sigi  dorong pemuda agar terlibat aktif dalam pembangunan daerah

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Wakil Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Samuel Yansen Pongi mendorong pemuda agar terlibat aktif dalam menyukseskan pembangunan di daerah tersebut, yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Pemuda harus terlibat, harus mengambil bagian dalam menyukseskan pembangunan daerah," ucap Samuel Yansen Pongi di Sigi, Sabtu, terkait dengan momentum Sumpah Pemuda Tahun 2022.

Samuel mengatakan bahwa pemuda masa kini, perlu meneladani pemuda zaman dahulu yang terlibat langsung dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Semangat dan komitmen para pemuda itu perlu dicontohi dan diteladani, untuk bersama - sama membangun daerah kita lebih baik di masa kini dan akan datang," imbuhnya.

Ia mengatakan bahwa pemuda memiliki peran penting dalam pembangunan daerah dan dalam kehidupan sosial, utamanya berkaitan dengan meningkatkan situasi ketertiban masyarakat dan keamanan.

Oleh karena itu, ia menilai, pemuda harus menjadi perekat dan penyebar pesan perdamaian di Kabupaten Sigi yang terdiri dari berbagai latar belakang agama, suku dan bahasa.

"Pemuda harus lebuh cakap dan tidak terjebak pada hal - hal yang berbau primordial, identitas, suku dan agama, melainkan menjadi penyejuk di tengah keberagaman yang ada," ungkap Samuel.

Samuel mengingatkan bahwa beberapa tantangan yang dihadapi dalam pembangunan di antaranya meliputi, adanya penyebaran informasi hoaks, intoleransi dan radikalisme, dan narkoba, serta minuman keras dan obat terlarang.

Tantangan ini, menurut dia, harus disikapi dengan memperkuat sinergi antara pemuda dengan pemerintah, sehingga penyelenggaraan pembangunan dengan tujuan membangun kesejahteraan masyarakat dapat dicapai.

Dia mengemukakan momentum sumpah pemuda perlu dijadikan sebagai momen refleksi perjuangan dan gerakan pemuda dalam mengisi pembangunan.