Kemenkeu serahkan penghargaan Pemda-Instansi vertikal di Sulteng

id Ekonomi

Kemenkeu serahkan penghargaan Pemda-Instansi vertikal di Sulteng

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura (kedua kanan) menerima penghargaan Kementerian Keuangan-Satu Sulteng (K1S) Awards 2022 yang diserahkan Kepala.Kanwil KPN Sulteng Irfa Ampri (kanan) di Palu, Kamis (3/11/2022). ANTARA/Muhammad Izfaldi

Palu (ANTARA) -
Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) menyerahkan penghargaan bertajuk Penganugerahan Kementerian Keuangan Satu Sulawesi Tengah (K1S) Awards 2022 terhadap sejumlah pemerintah kabupaten dan instansi vertikal atas pengelolaan kinerja pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022.
 
"Penghargaan ini bertujuan untuk penguatan kolaborasi, budaya, dan sistem dalam program Kemenkeu Satu untuk mendorong perekonomian di daerah serta memperkuat kerja sama dengan instansi daerah dalam pembangunan daerah," kata Kepala Perwakilan Kemenkeu Sulteng yang juga Kepala Kantor wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sulteng, Irfa Ampri usai penyerahan penghargaan di Palu, Kamis. 
 
Dia mengemukakan sejumlah Pemda yang mendapatkan penghargaan pengelolaan anggaran lintas sektor yakni Pemprov Sulteng, Pemkot Palu, Pemkab Parigi Moutong, Pemkab Sigi, Pemkab Tojo Una-una, Pemkab Banggai, Pemkab Banggai Laut, Pemkab Tolitoli, Pemkab Sigi, Pemkab Morowali, Pemkab Morowali Utara, Pemkab Buol, Pemkab Poso, dan Dinas Pendidikan Parigi Moutong.
 
Sementara penghargaan untuk instansi vertikal, kata Irfa, adalah Badan Narkotika Nasional Perwakilan Sulteng, Kepolisian Daerah Sulteng, Badan Pusat Statistik Sulteng, Kanwil Kemenkumham Sulteng, Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Sulteng, Badan Pertanahan Nasional Sulteng, Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Palu, KPPN Tolitoli serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Sulteng. 
 
Adapun sejumlah kategori penghargaan yang diberikan adalah predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 tahun berturut-turut bagi Pemda, predikat WTP pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2021 bagi Pemda, kinerja pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik semester I tahun anggaran 2022 dan kinerja pengelolaan dana desa semester I tahun anggaran 2022.

Selain itu, penghargaan terhdap kualitas penyusunan, penyampaian, dan pertanggungjawaban laporan keuangan pemda tahun 2022, pemerintah daerah dengan pengajuan dana desa tercepat tahun anggaran 2022, perangkat daerah dengan pengajuan DAK fisik tercepat tahun anggaran 2022, KPPN dengan kinerja pengelolaan DAK dan dana desa semester I tahun anggaran 2022 terbaik.
 
Selanjutnya, kinerja penyusunan Laporan Keuangan Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran – Wilayah (LK UAPPA – W) tahun anggaran 2022, kinerja penyusunan LK UAPPA – W tahun anggaran 2022, Peringkat Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA) untuk koordinator wilayah yang memiliki satuan kerja semester I tahun anggaran 2022, peringkat IKPA untuk koordinator wilayah yang tidak memiliki satuan kerja semester I tahun anggaran 2022, dan pengelolaan barang milik daerah terbaik tahun 2022. 
 
"Selamat kepada pemerintah dan instansi yang menerima penghargaan, hal ini penting sesuai kondisi saat ini betapa pentingnya kolaborasi bersama dalam rangka menghadapi tantangan ke depan," ucapnya. 

Pada kesempatan itu, Irfa menyampaikan bahwa ancaman setelah dua tahun pandemi COVID-19, seperti resesi global, perubahan iklim dan digitalisasi finansial perlu direspon dengan cepat dan tepat. 
 
Sementara itu Gubernur Sulteng Rusdy Mastura memberikan apresiasi terhadap Perwakilan Kementerian Keuangan Sulteng yang sudah mengapresiasi Pemkab serta instansi vertikal sebagai pengelola keuangan terbaik.
 
"Kegiatan ini harus menjadi pendorong untuk semua penyelenggara pemerintahan agar terus melakukan tata kelola keuangan dengan baik sebagai upaya memacu langkah ke depan untuk tetap konsisten dan lebih baik lagi dalam mengayuh perekonomian Sulteng," tutur Rusdy. 
 
Rusdy juga mengemukakan bahwa perbaikan ekonomi Sulteng saat ini telah menunjukkan hasil signifikan yang ditunjukkan dengan pertumbuhan ekonomi Sulteng semester I tahun 2022 mencapai 11,17 persen, berada di atas rata-rata pertumbuhan nasional. 
 
"Kinerja baik ini tentunya merupakan hal yang membanggakan atas hasil dari kerja sama yang baik dari seluruh pihak terkait. Selamat kepada Pemda, satuan kerja vertikal, dan SKPD yang menjadi pemenang Kemenkeu – Satu Sulteng Awards, tetap jaga kolaborasi dan sinergi untuk dapat menorehkan prestasi yang lebih baik," demikian Rusdy.