Presiden Jokowi ajak perwakilan media resmi G20 keliling Tahura Bali

id ktt g20,tanam pohon,presiden jokowi,peserta g20

Presiden Jokowi ajak perwakilan media resmi G20 keliling Tahura Bali

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama sejumlah wartawan dalam negeri dan luar negeri mengunjungi kawasan hutan mangrove dalam rangkaian kegiatan KTT G20 di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Rabu (16/11/2022). ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Galih Pradipta/aww.

Bali (ANTARA) - Presiden Joko Widodo sengaja mengajak perwakilan media resmi G20 berkeliling Taman Hutan Rakyat (Tahura) di Bali, Rabu pagi, sambil menunggu pemimpin negara G20 tiba.

“Presiden ngobrol dan terakhir presiden sendiri yang minta. ‘Kita ajak jalan-jalan saja, kasihan nunggu masih lama’,” kata Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menyampaikan informasi kepada media di Bali, Rabu.
 

Ia mengatakan keputusan Jokowi mengajak perwakilan media resmi negara G20 berkeliling Tahura karena jadwal kegiatan mundur 1-1,5 jam dari jadwal semula.

“Ini menunggu delegasi negara, waktunya mundur 1-1,5 jam. Jadi media resmi setiap negara ini diajak menunggu di ruang tunggu. Jadi sebetulnya bukan mengundang media asing, tapi mereka media resmi yang mengambil foto delegasi setiap negara,” kata dia. 
 

Berdasarkan pantauan tayangan langsung video dari media center G20, Jokowi tiba sekitar pukul 8.45 WITA. Kemudian dia berbincang dengan para perwakilan media resmi dari negara G20 saat menanti kehadiran pemimpin G20 di Tahura.

Berdasarkan foto-foto dan informasi kegiatan yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden di Bali, Rabu, pada kesempatan itu Presiden menjelaskan kepada para media resmi terkait Tahura Bali.
 

Sementara para perwakilan media resmi negara G20 mengaku senang karena tanpa aturan protokoler yang ketat mereka bisa berbincang langsung dengan Jokowi.

Pada kesempatan itu dia didampingi Gubernur Bali, I Wayan Koster, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

Salah satu momen menarik dalam kegiatan itu adalah Hadimuljono yang ikut, menjadi fotografer pada kesempatan itu. 
 

Basuki tampak memegang kamera DSLR dengan lensa panjang dan mengenakan topi yang dipakai terbalik. Basuki tampak berbaur dengan para fotografer mengabadikan kegiatan Jokowi.


Pada kesempatan itu Presiden jokowi mengecek secara langsung beberapa bibit tanaman bakau di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Rabu, beberapa menit sebelum menyambut kedatangan para kepala negara anggota G20 di lokasi tersebut.

Jokowi, yang terlihat mengenakan kaos berkerah putih berlogo G20, tiba di lokasi Tahura Ngurah Rai bersama rombongan jurnalis Istana Kepresidenan dari beberapa negara anggota G20, beserta jurnalis dari Indonesia yang menjadi host dan official.


Di lokasi itu, yang akan menjadi tempat side event G20, yaitu showcase konservasi hutan bakau (mangrove), Jokowi berkeliling lokasi sambil memberi paparan kepada para jurnalis yang mengikuti pergerakan Jokowi.

Ia menyusuri titik showcase yang merupakan trek berbentuk melingkar yang tersambung pada lintasan di tengah hutan bakau. Jokowi, yang terlihat mengenakan sneakers hitam, melanjutkan perjalanan ke area nursery bibit bakau, yang jumlahnya ada sekitar 6 juta bibit.

Presiden RI, yang berkeliling selama lebih dari 20 menit, pun mengakhiri sesi pengecekan dengan kembali ke area pendopo wantilan yang menjadi area bersantai dan menjamu para tamu negara.

Di sela-sela kunjungannya itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Gubernur Bali I Wayan Koster, ikut mendampingi Presiden.

Menteri PUPR terlihat mengenakan topi yang dibalik dan membawa kamera untuk merekam aktivitas Presiden. Di tengah-tengah rombongan jurnalis asing dan Indonesia, Basuki Hadimuljono juga terlihat aktif menekan tombol shutter kamera dan ikut berlari bersama para wartawan mendahului Presiden agar dapat mendapatkan foto terbaik.

Para tamu negara dijadwalkan menghadiri side event KTT G20 di Tahura Ngurah Rai sebelum akhirnya melanjutkan working session ketiga di The Apurva Kempinski. Para tamu negara itu akan menyaksikan secara langsung salah satu aksi konservasi hutan bakau di Indonesia.

Di lokasi itu, Jokowi hendak memperlihatkan komitmen Indonesia merawat keberlangsungan hutan tropis, termasuk hutan bakau.

 

Tangkapan layar Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengecek salah satu bibit tanaman bakau di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Rabu (16/11/2022) beberapa saat sebelum menyambut kedatangan para tamu negara KTT G20. ANTARA/Genta Tenri Mawangi