Pemkab Sigi upayakan warga lansia tempati rumah layak huni

id pemkab sigi,dinsos sigi,komda lansia,wabup sigi,samuel pongi

Pemkab Sigi  upayakan warga lansia tempati rumah layak huni

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi. ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi. ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengupayakan agar semua warga lanjut usia (Lansia) di kabupaten itu memiliki dan menempati rumah layak huni, sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam pemenuhan hak dan peningkatan kualitas hidup.

"Iya, Pemerintah Kabupaten Sigi mengupayakan tempat tinggal layak huni bagi lansia sebagai bentuk kepedulian sosial pemerintah," ucap Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi, di Sigi, Rabu, terkait dengan peningkatan kualitas hidup lansia.

Samuel yang juga Ketua Komda Lansia Kabupaten Sigi mengatakan bahwa tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sigi melalui Dinas Sosial mulai melaksanakan program peduli lansia.

Ia mengatakan salah satu bentuk kegiatan dari program tersebut adalah pemberian bantuan hunian layak huni bagi warga lansia di Kabupaten Sigi, yang sumber anggarannya dari pemerintah.

"Bantuan ini hanya diperuntukkan bagi lansia yang belum memiliki hunian layak huni," kata dia.

Sementara lansia yang telah memiliki tempat tinggal layak huni, namun tidak memiliki penghasilan, serta bukan pensiunan PNS/TNI/Polri dan BUMN, maka pemerintah tetap memberikan bantuan sembako.

Berdasarkan data Dinas Sosial Kabupaten Sigi bahwa jumlah lansia di daerah itu yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebanyak 3.291 jiwa tersebar di 177 desa dan 16 kecamatan.

"Saat ini kami juga sedang mengupdate data lansia untuk memastikan kevalidan data lansia yang ada," ujarnya.

Ia menambahkan saat ini Pemkab Sigi sedang mempersiapkan program sosialisasi pelayanan lansia, yang bertujuan agar lansia mengetahui hak - haknya, dan mengetahui bentuk pelayanan yang diberikan oleh pemerintah.