Pemkot Palu dan Kemenkominfo kerja sama tingkatkan SDM ASN di daerah

id Walikotapalu, Hadianto Rasyid, Pemkotpalu, Sulteng, Menkominfo, ASN

Pemkot Palu dan Kemenkominfo  kerja sama tingkatkan SDM ASN di daerah

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid (kiri) berbincang dengan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Usman Kansong, bersama Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi, Hasyim Gautama di Kementrian Kominfo mengenai penguatan kerja sama yang sudah di bangun, Rabu (30/11/2022). ANTAR/HO-Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menjalin kerja sama pengembangan sumber daya manusia aparatur sipil negara di daerah melalui program magang.
 
"Dari kerja sama ini, kami sudah mengirim tiga ASN magang di Kementerian Kominfo untuk memperdalam urusan teknis berkaitan teknologi informasi," kata Wali Kota Palu Hadianto Rasyid melalui keterangan tertulisnya di terima di kota Palu, Rabu.
 
Ia menjelaskan, kebijakan ini dilakukannya sebagai bagian dari implementasi reformasi birokrasi sebagai salah satu program prioritas, dari 53 program pembangunan yang dituangkan dalam rencana program jangka menengah daerah (RPJMD) Pemkot Palu.
 
Oleh karena itu, dengan kerja sama ini diharapkan ASN pada Dinas Kominfo mampu meningkatkan kemampuan dan semakin inovatif dalam menjabarkan program-program prioritas pembangunan.
 
"Saya ingin mereka yang sedang melaksanakan magang manfaatkan dengan baik kesempatan ini, supaya setelah kembali nanti dapat menerapkan pengalaman ke organisasi perangkat daerah (OPD) tempat mereka bekerja," ucap Hadianto.
 
Dalam kunjungan itu, Wali Kota Palu diterima oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Usman Kansong, bersama Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi, Hasyim Gautama dalam agenda penguatan kerja sama kedua belah pihak.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenkominfo yang telah menerima pegawai kami belajar disini untuk pengembangan kapasitas mereka sebagai pejabat di instansinya," ujar Hadianto.
 
Dijadwalkan, magang ASN di Kemenkominfo selama tiga bulan dimulai pada Oktober hingga Desember 2022 .
 
Di kesempatan itu, wali kota berkesempatan diwawancarai terkait program-program Kota Palu di masa kepemimpinan nya bersama Wakil Wali Kota Reny A Lamadjido yang disiarkan langsung melalui GPRTV dan InfoPublik.id (media siber) yang dikelola Direktorat Pengelola Media, Dirjen IKP, Kemkominfo RI.
 
"Selain kerja sama dengan Menkominfo, kami juga membuka kerja sama dengan sejumlah sekolah di Jakarta untuk program magang khusus kepala sekolah yang beberapa waktu lalu sudah kirim, termasuk kerja sama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) untuk pelatihan pemantapan nilai-nilai kebangsaan di jajaran Pemkot Palu," demikian Hadianto.