Pemkot Palu: Organda strategis bantu kinerja perekonomian daerah

id Organda, Pemkotpalu, transportasi, kota palu, Sulteng, sekkotpalu, Irmayanti Petalolo

Pemkot Palu:  Organda strategis bantu kinerja perekonomian daerah

Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Petalolo saat menyampaikan arahannya pada kegiatan musyawarah kerja cabang Organisasi angkutan darat (Organda) Kota Palu, di Palu, Rabu (30/11/2022). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah mengemukakan posisi Organisasi Angkutan Darat (Organda) sangat strategis dalam membantu kinerja perekonomian daerah tersebut dari sisi sektor transportasi.
 
"Mobilitas angkutan penumpang, barang dan jasa memberikan dampak positif terhadap perputaran ekonomi di daerah," kata Sekretaris Daerah Kota Palu Irmayanti Petalolo saat menghadiri musyawarah kerja cabang Dewan Pimpinan Cabang Organda Kota Palu, di Palu, Rabu.
 
Ia menjelaskan, pembangunan infrastruktur gencar dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) saat ini bertujuan untuk mempermudah aksesibilitas dan konektivitas antar daerah untuk memperlancar arus lalu lintas orang, barang dan jasa.
 
Oleh karena itu, kelancaran arus barang dan jasa sangat mendukung upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah, sehingga Pemkot menilai Inilah salah satu hal yang perlu dievaluasi dalam musyawarah kerja ini, guna melihat sudah sejauh mana peran Organda bagi pemerintah, masyarakat, maupun anggotanya.
 
"Musyawarah ini tentu memiliki agenda strategis, tidak saja menjadi agenda rutin bagi organisasi, tetapi juga sebagai forum untuk menyusun program yang akan dilakukan ke depannya," ujar Irmayanti.
 
Menurut dia, pelayanan di bidang transportasi mengalami banyak tantangan, salah satunya menyangkut armada angkutan kota (angkot) yang dalam pengoperasiannya memiliki sejumlah pesaing.
 
Sebagaimana penunjang pendapatan daerah, di antaranya di topang dari sektor jasa dan perdagangan, maka transportasi harus menjadi solusi dalam mendukung aktivitas sebagian masyarakat.
 
Organda sebagai satu-satunya wadah organisasi pengusaha angkutan bermotor di jalan, mempunyai peran penting dalam menunjang kelancaran roda perekonomian bangsa.
 
"Sebagai organisasi yang profesional dan independen, kami berharap Organda mampu mewujudkan transformasi di bidang transportasi berkolaborasi dengan pemerintah sebagai mitra," ucap Irmayanti.

Ia menambahkan, melalui wadah ini juga Pemkot Palu terus berupaya meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha transportasi melalui intervensi kebijakan. "Program pemerintah haru didukung semua pihak, karena apa yang di lakukan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan publik," ujarnya.