Pemkab Sigi harap tokoh agama terus tingkatkan kerukunan

id Pemkab Sigi,Moderasi Beragama,Sigi Religi,Wabup Sigi,SAMUEL PONGI

Pemkab Sigi  harap tokoh agama terus tingkatkan kerukunan

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi menandatangani prasasti peresmian rumah dinas opsir Gereja Bala Keselamatan Korps Rejeki, Kecamatan Palolo, Senin (5/12/2022) (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengharapkan tokoh agama di daerah itu agar terus berperan dalam meningkatkan kualitas kerukunan, melalui dakwah yang humanis.

"Pesan-pesan dakwah yang humanis harus terus digencarkan untuk meningkatkan kualitas kerukunan," ucap Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi saat menghadiri ibadah syukur peresmian rumah dinas opsir Gereja Bala Keselamatan Korps Rejeki, Kecamatan Palolo, di Sigi, Senin.

Ia mengatakan bahwa Kabupaten Sigi dihuni oleh masyarakat yang terdiri atas berbagai latar belakang agama, suku, dan budaya.

Dengan demikian, sebut dia, dibutuhkan pesan-pesan dakwah yang humanis untuk memperkuat persaudaraan antarsesama manusia.

Ia mengatakan bahwa perbedaan yang ada merupakan ketetapan Tuhan Yang Maha Esa.

"Oleh karena itu, tokoh agama berperan penting dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat tentang perbedaan adalah kehendak Tuhan, yang harus diterima dan dijunjung tinggi oleh manusia," katanya.

Samuel mengatakan bahwa konsepsi moderasi beragama perlu digencarkan oleh tokoh agama melalui dakwah, untuk meningkatkan kualitas kerukunan di tengah keberagaman.

Moderasi beragama dari sudut pandang dogmatis-teologis, katanya, setiap agama memiliki karakteristik yang khas dan membedakan dari agama lain.

Hal ini, kata dia, tergambar terutama pada tata cara beribadah atau sistem ritual masing-masing.

Namun, sebut dia, dari segi pesan-pesan moral yang bersifat sosiologis, terlihat jelas adanya nilai-nilai humanis universal yang disepakati oleh semua ajaran agama.

"Maka untuk membangun komunikasi dan kerukunan lintas agama, semestinya aspek-aspek persamaan inilah yang perlu dikedepankan, dan bukan menggali perbedaan-perbedaan yang memang sudah pasti ada," ujarnya.

Pemkab Sigi memiliki program Sigi Religi yang merupakan program inovasi bertujuan untuk pembinaan umat.

"Sigi Religi di dalamnya juga mengakomodasi moderasi beragama yang menjadi satu pendekatan dalam pembinaan umat," ungkapnya.
Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi menyampaikan sambutan dalam ibadah syukur peresmian rumah dinas opsir Gereja Bala Keselamatan Korps Rejeki, Kecamatan Palolo, Senin (5/12/2022) (ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)