Wako Palu: Warga harus dapat layanan kesehatan secara optimal

id Kesehatan, layanan kesehatan, Pemkotpalu, walikotapalu, Hadianto Rasyid, sulteng

Wako Palu: Warga harus dapat layanan kesehatan secara optimal

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid (depan kedua kanan) memimpin rapat percepatan realisasi pelaksanaan program prioritas pembangunan daerah, di Palu, Kamis (19/1/2023). ANTARA/HO-Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid mengatakan warga di ibu kota Sulawesi Tengah harus mendapat pelayanan kesehatan yang optimal dari pemerintah sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
 
"Jangan ada warga yang tidak terjangkau layanan kesehatan, oleh karena itu optimalkan program Jumat Palu sehat tanpa dipungut biaya," katanya saat memimpin rapat percepatan pembangunan Kota Palu di Palu, Kamis.
 
Ia mengemukakan kesehatan salah satu layanan dasar kepada warga yang harus dipenuhi sehingga hal ini menjadi prioritas Pemkot Palu dalam mendorong berbagai program sektor tersebut.
 
Ia mengatakan fasilitas yang sudah disiapkan pemerintah, harus dioptimalkan pemanfaatannya untuk berbagai layanan, di antaranya layanan rawat inap, layanan konsultasi kesehatan, layanan pemeriksaan, dan layanan publik lainnya.
 
Selain itu, sarana dan prasarana penunjang sudah disiapkan, salah satunya ambulan yang diberikan kepada masing-masing kelurahan untuk memudahkan akses masyarakat.
 
"Berbagai fasilitas sudah disiapkan, sehingga tidak ada alasan oleh instansi teknis, unit pelaksana teknis (UPT) tidak menerima warga datang berobat," ujarnya.
 
Ia berharap, pelayanan di Rumah Sakit Anutapura Palu harus lebih dioptimalkan dan sedapat mungkin meminimalisasi aduan terkait dengan pelayanan kesehatan, kebersihan, dan kedisiplinan pegawai.
 
Ia mengakui untuk optimalisasi layanan itu membutuhkan kolaborasi lintas organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Palu dan lintas sektor supaya pelaksanaan program kegiatan masing-masing instansi berjalan sesuai koridor.
 
"Sejumlah program prioritas saling berkaitan satu sama lain, salah satunya yakni penanganan stunting yang mana kebijakan saat ini tidak hanya OPD pengampu terlibat, tetapi semua instansi ikut membantu disesuaikan dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing," tutur Hadianto.
 
Ia menambahkan layanan kesehatan di Kota Palu dari tahun ke tahun menunjukkan progres yang baik, khususnya pada pengendalian penyakit menular dan kejadian luar biasa (KLB).
 
"Langkah ini didorong guna mewujudkan pembangunan Palu menuju kota sehat," demikian Hadianto.