Wali Kota Palu harapkan lansia manfaatkan layanan "Jumat Palu Sehat"

id Layanan kesehatan, Hadianto Rasyid, sulteng

Wali Kota Palu harapkan lansia manfaatkan layanan "Jumat Palu Sehat"

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid. ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid mengharapkan  warga lanjut usia (lansia) di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu manfaatkan program layanan Jumat Palu Sehat sebagai upaya pemerintah mendekatkan akses pelayanan kesehatan.

 

"Lewat program ini, siapa pun bisa mengakses layanan kesehatan, dan Pemkot Palu menyiapkan Puskesmas khusus untuk layanan Jumat Palu Sehat sepekan sekali secara bergilir," kata Hadianto terkait program kesehatan yang diluncurkan dua pekan lalu di Palu, Jumat.

 

Wali Kota menjelaskan, warga sangat antusias memanfaatkan layanan ini, hingga dua kali pelayanan yang sudah berjalan tercatat 1.200 warga datang memeriksa kesehatan mereka.

 

Layanan kesehatan lewat program tersebut, di antaranya pemeriksaan gula darah, kolesterol, pemeriksaan tekanan darah, termasuk edukasi kesehatan masyarakat, termasuk aksi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

 

"Program daerah dan nasional dipadukan yang tujuannya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," ujarnya.

 

Program itu dicetuskan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai upaya mewujudkan Indonesia sehat, sejalan dengan arah kebijakan pembangunan Pemkot Palu pada sektor kesehatan.

 

Kebijakan Pemda lebih kepada kemudahan akses supaya masyarakat lebih terbuka dan sadar pentingnya menjaga kesehatan tubuh.

 

"Banyak manfaat kesehatan terhadap kehidupan sosial. Membangun etos kerja dan generasi unggul harus ditunjang dengan kesehatan. Bagaimana bisa orang bekerja maksimal kalau sakit, itu sebabnya program ini kami laksanakan," tuturnya.

 

Ia juga berharap jangan ada lagi warga yang tidak terlayani di rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya milik pemerintah hanya karena alasan tidak memiliki biaya dan tidak terjaga sebagai peserta BPJS kesehatan.

 

Sebab, setiap warga negara berhak mendapatkan pelayanan dasar, salah satunya bidang kesehatan, dan pemerintah wajib memberikan pelayanan tersebut sebagai bagian dari tanggung jawab negara.

 

"Jangan ada lagi warga yang tidak terlayani. Oleh karena itu unit kerja Dinas Kesehatan harus mengoptimalkan program yang sudah direncanakan, mulai dari rumah sakit, puskesmas hingga puskesmas pembantu, karena ini salah satu bagian dari menjamin kesejahteraan masyarakat," demikian Hadianto.