Pemkot Palu Segera Isi Kekosongan Pengurus BAZ

id baz

Pemkot Palu Segera Isi Kekosongan Pengurus BAZ

Baznas (antaranews)

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku bahwa pemerintah wajib untuk merekrut dan menyeleksi pengurus BAZ, namun setelah diseleksi maka harus dilaporkan ke pusat, oleh karena itu kami telah mengirim berkas ke Baznas
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palu Provinsi Sulawesi Tengah segera mengisi kekosongan pengurus Badan Amil Zakat (BAZ) daerah itu untuk memaksimalkan kembali peran badan tersebut.

Kepala Sub Bagian Bina Sosial Kesra Pemkot Palu, Zubair di Palu, Sabtu, menyatakan saat ini Pemkot Palu telah mengirim lima nama calon pengurus BAZ Palu ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Sesuai dengan ketentuan yang berlaku bahwa pemerintah wajib untuk merekrut dan menyeleksi pengurus BAZ, namun setelah diseleksi maka harus dilaporkan ke pusat, oleh karena itu kami telah mengirim berkas ke Baznas," ungkap Zubair.

Zubair menjelaskan bahwa usulan lima nama calon pengurus BAZ Palu ke Baznas pusat, sesuai dengan peraturan Baznas Nomor 01 tahun 2014 yang menyatakan bahwa hasil tim seleksi calon pimpinan BAZDA Kota Palu periode 2016-2021 harus diverifikasi dan mendapatkan pertimbangan dari BAZNAS.

Hal itu juga dikuatkan dengan surat Baznas Nomor: 073-287/PB/BAZNAS/II/2016 perihal Penyesuaian BAZNAS Kota Palu, dengan demikian Pemkot Palu melakukan pengangkatan pengurus BAZ Palu sesuai prosedur.

Namun verifikasi Baznas atas laporan hasil seleksi lima nama calon pengurus BAZ Palu, bisa mengarah pada bertahannya lima nama calon anggota tersebut sebagai calon pengurus ataukah nantinya digugurkan sebagiannya.

"Kemungkinan akan memberikan perubahan jumlah dari laporan lima nama calon pengurus BAZ Palu, berdasarkan hasil verifikasi dari Baznas pusat. Hal itu tergantung dari Baznas," sebutnya.

Pemkot Palu akan tetap menunggu hasil verifikasi Baznas terkait laporan Pemkot Palu atas lima nama calon pengurus tersebut. Jika ada perubahan yang harus dilakukan sesuai dengan ketentuan maka akan segera ditindaklanjuti.

Zubair mengatakan Pemkot Palu telah melakukan seleksi calon pengurus BAZ Palu, mulai dari seleksi pemberkasan hingga ujian kompotensi yang ditangani langsung oleh timsel yang di SK-Kan oleh Wali Kota Palu beberapa waktu lalu.

"Dari 11 calon yang lolos berkas, saat uji kompetensi dan ujian tertulis maupun pemaparan makalah hanya lima yang ditetapkan lolos. Selanjutnya kami menunggu hasil verifikasi Baznas," katanya.