STMIK Adhi Guna Gelar Workshop Penelitian

id stmik

Kegiatan Workshop Penelitian yang di laksanakan oleh LPPM kerjasam dengan ITS Surabaya yang diikuti oleh dosen dilingkungan STMIK Adhi Guna, Selasa (2/8) di Aula. (Foto Alex Roy Rudji)

...diharapkan peserta miliki pengetahuan bagaimana dosen agar dapat memiliki naluri meneliti yang baik sehingga kegiatan meneliti menjadi suatu keharusan.
Palu, (antarasulteng.com)- Sekolah Tinggi Menejemen Informatika dan Komputer (STMIK) Adhi Guna bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar workshop pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat berlangsung 2 Agustus 2016.
 
Kegiatan ini diikuti seluruh dosen tetap yayasan tenaga pengajar serta dosen luar biasa dengan pemateri Suluh Sri Wahyuningsih, M.Kom dan Dr. Sutikno, MSi, di aula STMIK Adhi Guna.  

Ketua Panitia Hajra Sasmita Ngemba, M.Kom mengatakan kegiatan ini antara lain bertujuan untuk merangsang semua dosen melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan amanat Tri Darma Perguruan Tinggi.

"Melalui workshop ini diharapkan peserta miliki pengetahuan bagaimana  dosen agar dapat memiliki naluri meneliti yang baik sehingga kegiatan meneliti menjadi suatu keharusan," katanya.

Ketua STMIK Adhi Guna Musaidah ketika membuka kegiatan itu menyatakan bahwa workshop kali ini merupakan peluang yang baik bagi dosen dapat sharing dengan Tim Peneliti dari ITS Surabaya.

Kebetulan ini sudah memasuki tahun ke dua kerjasama penelitian dengan STMIK Adhi Guna di kabupaten Parigi Moutong.  

Sementara itu Dr. Sutikno, MSi, dalam paparannya mengatakan penelitian tahap ketiga, kami berharap nantinya di lanjutkan oleh teman-teman dosen STMIK Adhi Guna. Kami sudah membuka peluang penelitian di Parigi Moutong selama ini dengan pak Sukardi sejak tahun 2015. 

Penelitian tidak harus orang-orang IT, tapi juga bisa dari kalangan dosen bukan IT. Namun karena ini sekolah IT, dosen non IT bisa berkolaborasi dengan dosen IT termasuk dengan mahasiswa.Artinya kalau penelitian mono disiplin cukup dilaboratorium, tapi kalau kombinasi disiplin ilmu, maka penelitian bisa bagus dan akan bisa berkelanjutan. 

Lanjut dia, penelitian seyogyanyanya bisa melibatkan mahasiswa, ini memiliki bobot yang sangat tinggi untuk akreditasi nasional, karena dosen tersebut bisa mengoptimalkan sumberdaya manusia di STMIK Adhi Guna.

Penelitian tidak lepas dari proposal, olehnya bagaimana menyusun proposal yang baik sehingga proposal tersebut bisa lolos ", imbuhnya.

Kami juga berharap LPPM STMIK Adhi Guna segera menyusun roadmap penelitian, minimal sampai masa jabatan, agar arah penelitian yang dilakukan sudah tergambarkan.

Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar