Peternak Di Palu Jamin Stok Ternak Qurban

id sapi

Peternak Di Palu Jamin Stok Ternak Qurban

Ilustrasi (ANTARA)

Palu,  (antarasulteng.com) - Sejumlah peternak di Kota Palu, Sulawesi Tengah, menyatakan stok ternak untuk kebutuhan hari raya Idul Adha 1437 Hijriah menukupi kebutuhan masyarakat.

"Stok ternak sapi dan kambing untuk kebutuhan hari raya qurban tersedia dalam jumlah memadai," kata Sapri, seorang peternak di Kota Palu, Selasa.

Ia mengatakan selama ini Kota Palu mendapat suplai ternak sapi dari sejumlah kabupaten di Sulteng seperti Sigi, Donggala, dan Banggai.

Untuk kebutuhan hari raya seperti Idul Fitri dan Idul Adha, Kota Palu tidak pernah kekurangan stok karena dikelilingi daerah penghasil ternak sapi.

Sementara untuk ternak kambing, Kota Palu dan dua kabupaten sekitarnya yakni Donggala dan Sigi juga sebagai pemasok kebutuhan masyarakat di ibu kota provinsi itu.

"Jadi tidak ada masalah soal stok ternak untuk kebutuhan hari raya," katanya.

Hal senada juga disampaikan Jamrin, seorang peternak kambing yang mengatakan stok menukupi kebutuhan, sekalipun pada hari raya qurban ini permintaan masyakarat meningkat.

Dia mengaku di Palu ada banyak perternak kambing sehingga tidak perlu dikhawatirkan kehabisan stok yang biasanya memicu penngkatan harga jual secara tidak wajar.

Syahril, seorang pedagang mengatakan Sulteng selama ini merupakan daerah penghasil ternak sapi dan kambing.

Tingkat populasi kedua ternak itu di provinsi ini cukup tinggi.

Data Dinas Peternakan Sulteng menyebutkan populasi ternak sapi di daerah ini hingga akhir 2015 sudah sekitar 270 ribu ekor.

Harga daging sapi di pasaran Kota Palu saat ini Rp100 ribu/kg.