Ny. Zalzulmida Djanggola terima penghargaan nasional Bunda PAUD

id PAUD

Ny. Zalzulmida Djanggola terima penghargaan nasional Bunda PAUD

Bunda PAUD Sulawesi Tengah Zalzulmida Aladin Djanggola

Penghargaan ini diberikan berdasarkan kinerja Bunda PAUD yang luar biasa.
Jakarta (antarasulteng.com) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo memberikan piagam penghargaan kepada sejumlah bunda pada pendidikan anak usia dini (PAUD) tingkat provinsi hingga desa, serta perwakilan mitra dan gugus PAUD yang berperan dalam peningkatan kualitas pendidikan.

Di antara para penerima penghargaan itu, terdapat Bunda PAUD Sulawesi Tengah Ny Zalzulmida Aladin Djanggola yang juga istri Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, MSi.

Kegiatan yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut berlangsung di Gedung Sasono Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Kamis.

Iriana Jokowi dalam pidatonya menyampaikan pentingnya pendidikan anak usia dini bagi perkembangan kecerdasan anak-anak sehingga kualitas pengajar PAUD juga harus diperhatikan.

"Saya melihat pendidikan guru-guru PAUD masih kurang, maka dari itu saya meminta kepada Pak Menteri untuk memberikan perhatian kepada mereka, misalnya dengan memberikan beasiswa," ujar Iriana Jokowi.

Ia berharap, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan segera mewujudkan hal tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak di PAUD.

Pada acara penganugerahan itu, sejumlah penghargaan diberikan oleh Kemdikbud kepada bunda PAUD tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan hingga desa, serta organisasi mitra yang ikut berperan serta dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan dan gugus PAUD berprestasi.

Ibu Negara Iriana Jokowi juga menyempatkan diri untuk meluncurkan sebuah laman internet beralamat www.anggunpaud.kemdikbud.go.id yang berfungsi sebagai media interaksi antara pengajar dan orang tua murid PAUD.

Di dalam laman tersebut para pengunjung baik dari kalangan pengajar PAUD maupun umum dapat mengakses sejumlah isi mulai dari lagu-lagu anak, metode dan materi pengajaran, hingga berbagai cerita anak yang bisa digunakan orang tua murid untuk bercerita kepada anak mereka.

Sedangkan bagi gugus PAUD yang tidak memiliki koneksi internet, pihak Kemdikbud juga telah membagikan paket materi dari laman tersebut dalam bentuk buku dan CD.

Terkait anugerah itu, Kepala Bidang Paud Dinas Pendidikan dan Budaya Sulteng, Hatijah Yahya mengatakan “Anugerah Bunda PAUD” diberikan kepada Zalzulmida atas kinerjanya sebagai Bunda Paud yang peduli terhadap pendidikan anak usia dini di daerahnya. 

“Penghargaan ini diukur berdasarkan kinerja Bunda Paud,” ujar Hatija.

Menurutnya, kinerja ini diukur dari angka Partisipasi Kasar Anak Usia Dini pada usia 3-6 tahun di Indonesia “Prosentase perolehan Sulteng mencapai 88,41 persen dalam pelaksanaan Paud,” ujar Hatijah.

Untuk diketahui, Sulteng berada di posisi 3 setelah Yogyakarta di posisi pertama dan Jawa Timur di posisi kedua. Sulteng sendiri gencar melaksanakan kegiatan penuntasan satu desa untuk satu PAUD.
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar