China akan bangun proyek kereta api di Thailand

id kereta

China akan bangun proyek kereta api di Thailand

Ilustrasi-Kereta Api (antara)

Bangkok (antarasulteng.com) - Thailand dan China berencana menjalin kerja sama untuk membangun proyek di bidang perkereta apian, demikian disampaikan Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha dalam pertemuannya dengan Wakil Presiden China Li Yuanchao di Bangkok.

Prayut menyampaikan, Thailand bersedia meningkatkan kerja sama dengan China di bidang pariwisata, pertanian dan budaya, salah satu yang akan segera diwujudkan adalah memulai proyek kereta api.

Sementara itu, Li meminta kedua negara untuk menetapkan rencana pembangunan tersebut, meningkatkan kerja sama bidang perdagangan dan investasi, serta memastikan proyek kereta api bergerak dengan lancar.

Menurut Li, China dan Thailand sebagai negara berkembang berusaha untuk meningkatkan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Selain itu, lanjut Li, keduanya juga perlu memperkuat kepercayaan politik bersama, memelihara perdamaian dunia dan kemakmuran di berbagai wilayah.

Li juga menyerukan adanya pertukaran budaya bilateral untuk meningkatkan persahabatan kedua negara.

Diketahui, Li berada di Bangkok untuk menghadiri KTT Asia Cooperation Dialogue (ACD) yang akan diadakan pada hari ini.

China menganggap KTT ACD sangat penting dan berharap para anggota ACD bisa memainkan peran lebih besar dalam pelaksanaan Belt dan Roaf Initiative, kata Li. Demikian dilansir Xinhua.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta