Angin Kencang Landa Morowali Utara

id anging, kencang

Angin Kencang Landa Morowali Utara

Ilustrasi--Angin kencang (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.co) - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kabupaten Morowali Utara di Provinsi Sulawesi Tengah membuat warga takut keluar rumah karena khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan menimpa mereka.

Deding Kalaena, seorang warga Desa Beteleme, Kecamatan Lembo Kabupaten Morowali Utara, Senin malam, membenarkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan sesekaki disusul petir melanda wilayah itu pada sekitar pukul 14.00 Wita.

Kebanyakan warga memilih tinggal di dalam rumah karena takut terjadi sesuatu diluar.

"Hujannya sangat deras dan angin cukup kencang sehingga banyak pepohonan tumbang," kata dia.

Selain pohon tumbang, atap rumah beberapa warga terbang akibat angin kencang.

Hal senada juga disampaikan James, warga Desa Sampalowo. Ia mengatakan, hujan dan angin kencang yang melanda Kecamatan Lembo dan kecamatan lainnya di Kabupaten Morowali Utara pada Senin sore sempat membuat warga panik.

Hujannya sangat lebat sehingga air diselokan meluap sampai ke jalan dan halaman rumah penduduk. Apalagi disertai angin kencang dan petir membuat kebanyakan warga tidak beraktivitas dan memilih di dalam rumah karena khawatir disambar petir.

Kepala BMKG Palu, Kasiron mengatakan, hujan deras dan angin kencang dalam beberapa hari ini dan ke depan berpotensi melanda sejumlah wilayah di Sulteng sehingga perlu diwaspadai oleh masyarakat.

Curah hujan sepanjang Oktober 2016 ini cukup tinggi dan berpeluang menimbulkan banjir dan longsor.

Karena itu, masyarakat perlu meningkatkan kesiagaan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana alam di daerah ini.