Wantimpres: sikap sederhana Presiden Jokowi harus ditiru

id jokowi

Wantimpres: sikap sederhana Presiden Jokowi harus ditiru

Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Seorang Jokowi ini, pertama kali saya lihat bisa preteli keangkeran sebagai seorang presiden. Tukang becak saja bisa masuk ke rumahnya di Solo saat beliau menjabat Wali Kota
Jakarta (antarasulteng.com) - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto menyatakan sikap sederhana Presiden Joko Widodo (Jokowi) seharusnya bisa ditiru oleh pejabat pusat dan daerah.

"Seorang Jokowi ini, pertama kali saya lihat bisa preteli keangkeran sebagai seorang presiden. Tukang becak saja bisa masuk ke rumahnya di Solo saat beliau menjabat Wali Kota," kata Sidarto dalam diskusi "Menagih Nawacita: Evaluasi 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK" di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis.

Selanjutnya, kata Sidarto, Presiden Jokowi juga tidak ingin membangun dinasti keluarga.

"Dia tidak berusaha angkat anaknya untuk terjun ke politik. Kalau hobinya jualan martabak ya martabak saja," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan yang dibutuhkan ke depan adalah "leadership by example" Presiden Jokowi.

"Saya pernah berdua bicara dengan presiden, beliau sebut mengenai kepemimpinan seperti Tri Rismaharini di Surabaya dan Yoyok Riyo Sudibyo di Batang karena yang sederhana, jujur, dan cerdas seperti Jokowi itu tidak banyak," ucap Sidarto. 

Ia pun menegaskan bagaimana Indonesia ini mau berubah kalau keteladanan dari pemimpinnya tidak bisa ditiru pejabat pusat sampai ke daerah.

"Tidak usah kita tutupi masih banyak pejabat yang terlibat dalam proyek. Pilih tokoh-tokoh yang berketeladanan, jangan tokoh-tokoh yang dari awal sudah menyebar duit," tuturnya.