Investor Tiongkok Bantu Pembangunan KEK Palu

id INVESTASI KEK PALU

Investor Tiongkok Bantu Pembangunan KEK Palu

Wali Kota Palu, Hidayat dan Pimpinan CTDAN Qiao Ying, menadatangani nota kesepahaman kerjasama pembangunan dan pengembangan KEK Palu, di Setda KEK Nasional, Jakarta. (Antara/Muhammad Hajiji)

Delegasi CTDAN akan berkunjung ke Kota Palu pada Desember 2016
Palu, (Antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, menjalin kerja sama dengan investor asal Tiongkok untuk pembangunan dan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu guna percepatan dan peningkatan investasi di kawasan tersebut.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Keuangan Sekretariat Daerah Pemkot Palu, Ansyar Sutiadi yang dihubungi di Palu, Jumat, mengemukakan investor Tiongkok itu terdiri atas sejumlah perusahaan yang tergabung dalam China Top Dessicion Association (CTDAN).

Kerja sama diwujudkan lewat penandatangan nota kesepahaman antara Wali Kota Palu Hidayat dengan pimpinan CTDAN Qiao Ying di Jakarta, Kamis (24/11).

"Pemkot Palu menandatangani naskah kerja sama dengan China Top Dessicion Association (CTDAN) di Jakarta, kemudian MoU tersebut akan ditindak lanjuti oleh kedua belah pihak hingga tahap realisasi kegiatan di lapangan," katanya.

Dalam nota kesepahaman tersebut, CTDAN bersepakat untuk membangun infrastruktur perkotaan serta pengembangan sektor kepariwisataan kota.

"Kerja sama kedua belah pihak meliputi tiga aspek yaitu pembangunan dan pengembangan KEK Palu, pengambangan sektor pariwisata serta pembangunan infastruktur perkotaan," ujarnya.

Dia menyebutkan bahwa CTDAN akan berkunjung ke Kota Palu pada bulan Desember 2016 dengan membawa beberapa investor asal Tiongkok yang tergabung dalam organisasi tersebut untuk membicarakan hal-hal teknis.

Pembicaraan itu meliputi nilai investasi, jangka waktu kerja sama, perizinan dan berbagai masalah teknis lainnya.

"Kunjungan mereka ke Palu sekaligus melihat langsung Kota Palu dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu," jelasnya.

Pemkot Palu, kata Ansyar, yakin bahwa CTDAN merupakan investor yang bonafid dan serius untuk merealisasikan investasinya di Kota Palu.