Koalisi Cipayung Plus Gelar Aksi Kebangsaan

id koalisi

Koalisi Cipayung Plus Gelar Aksi Kebangsaan

Jumpa Pers Koalisi Cipayung Plus di Sekertariat AJI Palu, Kamis (24/11). (FOTO: FAUZI)

Palu,  (antarasulteng.com) - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus menggelar aksi kebangsaan di depan Gedung DPRD Sulteng, Jumat malam.

Sembilan organisasi itu dengan masin-masing ketuanya adalah Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sulawesi Tengah (diketuai Siddiq Djatola), Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indoneisa (PMKRI) Cabang Palu (Ignatius), Gerakan Mahasiswa Kristen Indoensia (GMKI) Cabang Palu (Stenly Reihaldo).

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Palu diketuai Ryan Hidayat, Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) Sulteng Syarif (Harun), Liga Nasional Mahasiswa untuk Demokrasi (LMND) Cabang Palu (Mirza).

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sulteng (diketuai Amar), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Cabang Palu (Sudarsono), dan Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) Cabang Palu (I Wayan Arthanayasa).

Koordinator Lapangan, Stenly Renaldo menyatakan, koalisi berkomitmen merawat kebhinnekaan dengan kesadaran kolektif, yang protoleransi berlandaskan Pancasila sebagai ideologi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ketua KAMMI Cabang Palu Sudarsono mengatakan, beberapa tahun terakhir, gerakan mahasiswa sudah berjalan sendiri-sendiri. Aksi kebangsaan ini menyatukan komitmen untuk kembali membangun gerakan bersama, dalam menangkal isu-isu yang dapat memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami ingin kembali membangun semangat yang kritis untuk mengawal bangsa dan negara ini," ujar Ketua PPI Sulteng Syarif Harun.

Aksi tersebut ditandai penyalaan 1.000 lilin, pembacaan puisi oleh Ketua Badko HMI Sulteng Sidiq Djatola dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Ketua PMII Cabang Palu Ryan Hidayat.  
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar