Gubernur Akan Canangkan Penanaman Pohon Di Dongi-Dongi

id longki

Gubernur Akan Canangkan Penanaman Pohon Di Dongi-Dongi

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola (FOTO ANTARA/Fiqman Sunandar)

Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah dijadwalkan mencanangkan kegiatan penamanan pohon di lokasi eks penambangan emas ilegal di Dongi-Dongi, Kabupaten Poso, pada 03 Desember 2016 untuk merehabilitas kawasan yang sudah rusak akibat penambangan.

Pennaman pohon itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan memperingati Hari Penanaman Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional, kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu Sudayatna yang dihubungi Antara Palu, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan penanaman tersebut sekaligus merupakan program rehabilitasi lahan seluas 15 hektare di wilayah Dongi-dongi.

Selain gubernur, juga akan ikut menanam adalah Bupati Poso, Bupati Sigi, Kapolda Sulteng, dan sejumlah kepala dinas terkait.

Lokasi Dongi-dongi dipilih karena beberapa bulan lalu menjadi areal penambangan emas ilegal yang dilakukan para penambang dari berbagai tempat di Sulteng dan luar Sulteng.

Lokasi itu terpaksa ditutup dari aktivitas menambang karena terletak pada areal hutan lindung Taman Nasional Lore Lindu (TNLL).

Sekitar 15 hektare hutan yang ada di situ mengalami kerusakan parah. Pohon-pohon, termasuk pohon endemik karena hanya tumbuh di wilayah tersebut yakni kayu leda telah dibabat habis para penambang untuk penyangga lubang agar tidak runtuh saat beraktivitas.

Hingga saat ini, petugas dari kepolisian dan juga polisi kehutanan (Polhut) Balai Besar TNLL masih siaga di lokasi eks penambangan emas ilegal di wilayah Dongi-Dongi.

Pemprov Sulteng menyediakan sekitar 15.000 bibit pohon berbagai jenis yang akan ditanam di lokasi eks penambangan emas Dongi-Dongi.

Namun sebelum dilakukan penanaman, kata Sudayatna, semua lubang rep (tanah atau pasir yang mengandung emas) sudah ditutup kembali.