Ribuan warga Malaysia dipimpin PM Razak unjuk solidaritas Rohingya

id rohingnya

Ilustrasi (Antaranews.com)

Kuala Lumpur, Malaysia (antarasulteng.com) - Puluhan ribu orang menghadiri Himpunan Solidaritas Umat Untuk Rohingya yang berlangsung di Stadion Titiwangsa, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu.

Turut hadir Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak, Presiden PAS Datuk Seri Abdul Hadi Awang, Menteri Dalam Negeri Dr. Ahmad Zahid Hamidi, Menteri Luar Negeri Datuk Seri Anifah Aman, Menteri pada Departemen Perdana Menteri Datuk Seri Shahidan Kassim, Kepala Pemuda PAS Nik Abduh Nik Aziz.

Solidaritas ini adalah yang kedua kalinya setelah sebelumnya ribuan orang berunjuki rasa ke Kedutaan Besar Myanmar di Jalan U Thant Kuala Lumpur.

Massa yang sebagian besar berasal dari warga negara Myanmar dan Malaysia dari berbagai ras dan agama membawa plakat dengan pesan dukungan untuk kelompok minoritas yang teraniaya itu.

Terdengar teriakan "Hidup Rohingya" dan "Allahu Akbar" dari seluruh penjuru stadion.

Pertemuan ini diselenggarakan untuk menunjukkan keprihatinan Malaysia atas krisis kemanusiaan di Rakhine, Myanmar.

Pemerintah Myanmar menghadapi protes internasional atas laporan kampanye kekerasan terhadap Rohingya dan pembersihan etnis Rohingnya.

Sebagai dari mereka melarikan diri dari Rohingya dan Malaysia sekarang menjadi rumah bagi lebih dari satu juta pengungsi Rohingya.

Sebagian besar Rohingya di Myanmar, berjumlah sekitar satu juta, tidak memiliki kewarganegaraan meski telah tinggal di negara itu selama beberapa generasi, ditolak akses ke pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Pada aksi ini, Komunitas Acheh Malaysia juga menyerahkan Tabung Kemanusiaan Rohingnya kepada Menteri Dalam Negeri Dr Ahmad Zahid Hamidi.
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar