Maluku Ikut Kejuaraan Karate Di Palu

id karate

Palu,  (antarasulteng.com) - Kejuraan terbuka karate memperebutkan Piala Darem132 Tadulako yang dijadwalkan berlangsung 16-17 Desember 2016 ini akan diikuti sejumlah atlet dari Maluku.

"Jumlah peserta yang akan berlaga di kejuaraan ini sebanyak 391 karateka dari seluruh provinsi di Sulawesi dan Maluku," kata Sekretaris Panitia Pelaksana Idrus di Palu, Jumat.

Ia mengatakan para peserta berasal dari berbagai perguruan karate yang ada di daerah masing-masing seperti Sulut, Sultra, Sulsel, Sulbar, Gorontalo, Maluku dan tuan rumah Sulawesi Tengah.

Kejuaraan ini menurunkan sebanyak 33 orang wasit dan juri, di antaranya sembilan wasit bersertifikat nasional.

Tuan rumah Sulteng berharap menjadi juara umum Piala Danrem 132/Tadulako.

Semula, kata Idrus, yang akan membuka kejuaraan itu adalah Ketua Umum PB FORKI namun batal karena beliau banyak kesibukan.

"Pak Danrem/132 Tadulako yang akan membuka kejuaraan ini," kata Idrus.

Sementara Sekretaris Pengprov FORKI Sulteng Erik Tamalagi yang juga panitia kejuaraan terbuka piala Danrem 132/Tadulako Palu mengatakan kegiatan ini merupakan kesempatan bagi atlet tuan rumah untuk mengukir prestasi.

Selain itu, tentu juga diharapkan menjadi barometer kemajuan atlet bagi setiap perguruan karate yang ada di setiap provinsi peserta, termasuk Sulteng selaku tuan rumah.

Karate merupakan salah satu cabang olahraga andalan Sulteng di PON XX Papua 2020.

Pada PON XIX di Jabar 2016, karate menyumbangkan empat dari 11 medali yang diperoleh kontingen Sulteng.