STMIK Adhi Guna Diminta Buat Animasi Lokal

id stmik

Sekertaris Pelaksana Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Dr. Hawignyo, MM. (ist)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kopertis Wilayah IX Sulawesi berharap Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Adhi Guna Palu lebih fokus pada pembuatan animasi yang dapat dikelola dengan profesional.

Ketua Senat STMIK Adhi Guna, Sukardi di Palu, Senin, mengatakan pesan itu disampaikan Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah IX Hawignyo dalam wisuda gelombang II tahun 2016 angkatan XV.

STIMIK menelorkan 126 sarjana baru dari dua jurusan yakni program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Sistem Informasi.

Kata Sukardi, Hawignyo berpesan agar perguruan tinggi itu lebih memacu diri membuat program kekinian secara terus-menerus serta mampu mencipatakan karya ilmiah yang berdaya saing.

"Khusus STMIK yang bergerak pada bidang informatika dan komputer, saya berpesan agar lebih kreatif dalam melihat peluang, salah satunya membuat animasi yang jika digarap secara professional akan menjadi karya yang luar biasa dan bernilai tinggi," kata Sukardi yang menirukan kembali pernyataan Hawignyo.

Menurut dia, animasi yang dimaksud tidak perlu secara global, namun bisa dimulai dengan konten lokal, misalnya pembuatan film tentang sejarah Sulteng.

"Saya mengingatkan bahwa animasi yang baik tidaklah dikerjakan orang perorang, namun melibatkan beberapa unsur yang kompeten pada bidang tertentu, sehingga hasil yang didapat bisa lebih kompleks dan memiliki nilai intelektual tinggi," ujarnya.

Gubernur Sulteng yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Moh. Nizam mengatakan di era keterbukaan seperti sekarang, kompetisi akan semakin tajam sehingga diharpakan dapat bersaing dengan tenaga asing di bidang tekhnologi informatika.

"Para wisudawan boleh berbangga, namun tidak boleh diam sampai di sini saja. Kita harus terus belajar memperluas wawasan dan keterampilan," kata Nizam.

Dia juga mengharapkan para wisudawan dapat menggali potensi daerah yang mungkin belum terjamah oleh teknologi informatika dan komputer untuk mendukung sektor unggulan yang ada di daerah.

"Pemprov mengapresiasi upaya yang selama ini dilakukan STIMIK Adhi Guna Palu dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Selain itu saya berharap agar STIMIK dapat meningkatkan sarana dan prasarananya, akreditasi program studinya dan kompetensi para pengajar serta melakukan kerjasama dengan lembaga lain dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di bidang teknologi informatika,"pungkasnya. 
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar