Aji Palu Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat SMA

id iqbal

Aji Palu Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat SMA

AJI (antaranews)

Kami memang ingin memperkenalkan jurnalistik dasar kepada siswa. Selain itu juga untuk lebih mengenalkan AJI kepada mereka
Palu,  (antarasulteng.com) - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu menggelar pelatihan jurnalistik dasar, baik cetak, foto maupun audio, di salah satu restoran di Kota Palu, Kamis.

Pelatihan tersebut dinamai "Pelatihan Jurnalistik Putih Abu-Abu" karena sasarannya adalah para siswa SMA/SMK Sederajat yang memiliki minat dalam dunia jurnalistik.

Pelatihan tersebut melibatkan pemateri yang notabene merupakan para senior AJI Kota Palu. Mereka adalah Amran Amier (mantan Ketua AJI Kota Palu) yang membawakan meteri jurnalistik dasar, Basri Marzuki yang membawakan materi tentang fotographi dan Abdee Mari khusus untuk materi audio.

"Kami memang ingin memperkenalkan jurnalistik dasar kepada siswa. Selain itu juga untuk lebih mengenalkan AJI kepada mereka," kata Ketua AJI Kota Palu, Muhammad Iqbal.

Menurut Iqbal, materi-materi yang dibawakan itu bisa memberikan pemahaman kepada para siswa akan perbedaan antara media sosial dan jurnalistik.

"Sebagaimana kita ketahui di era teknologi saat ini banyak dampak negatif yang muncul, salah satunya adalah media sosial. Kegiatan ini setidaknya bisa menjadi penetralisir dari dampak negatif teknologi itu sendiri," tambah jurnalis TV lokal itu.

Sementara itu ketua panitia pelaksana Abdul Rifai mengatakan pelatihan jurnalistik itu, merupakan rangkaian kegiatan dan sosialiasi program DnP, kerjasama antara AJI Indonesia, AJI Palu dan pemerintah Kanada.

"Rabu (21/12) malam, kami telah menggelar diskusi publik terkait indeks kemerdekaan pers, kemudian Kamis (22/12) siang digelar pelatihan jurnalistik dan malamnya dilanjutkan dengan diskusi publik dengan tema bijak dalam mengelola sumber daya alam," jelas Rifai.

Wakil pimpinan redaksi salah satu media cetak lokal itu berharap, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan itu dapat memberikan informasi kepada seluruh elemen masyarakat di Kota Palu dan Sulteng pada umumnya, sehingga mereka dapat lebih cerdas dalam mengelola infomasi yang terus berkembang saat ini.