Ibadah Malam Natal di Makassar berlangsung damai

id agus, surya

Ibadah Malam Natal di Makassar berlangsung damai

Panglima Kodam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Makassar (antarasulteng.com) - Ibadah malam Natal di beberapa gereja besar umat Katolik dan Protestan berlangsung damai, bahkan saat Forum Pimpinan Daerah Sulawesi Selatan melakukan peninjauan dengan bus polisi.

"Tadi kita bergerak melakukan peninjauan ke sejumlah gereja dan kita mulai dari gereja Katedral di Jalan Kajaolalido kemudian mengunjungi lainnya," ujar Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti didampingi Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono di Makassar, Sabtu.

Dari pantauan pelaksanaan dua sesi Misa malam Natal di Katedral Makassar jalan Kajaolalido dan Kebaktian malam Natal di GPIB Immanuel di jalan Balaikota, berlangsung aman dan lancar. Meski demikian, sejumlah anggota kepolisian tampak melakukan penjagaan di sekitar gereja.

Pengamanan di Katedral Makassar dilakukan oleh gabungan personil Satuan Gegana Brimob Polda Sulsel ditambah pengamanan dari anggota Kepolisian Resort Kota Besar (Polretabes) Makassar serta Satuan Polisi Pamong Praja.

Para personil satuan Gegana tersebut mengaku telah berjaga sejak pukul 15.30 wita dengan melakukan pemeriksaan di luar dan bagian dalam gereja. Pemeriksaan juga dilakukan pada barang bawaan jemaat dan kendaraan yang masuk.

"Pengamanan ekstra kita lakukan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada saudara-saudara kita yang sedang menjalankan malam Misa Natal," katanya.

Menurutnya, kewaspadaan ekstra tersebut merupakan inisiatif aparat keamanan dan permintaan dari pihak Katedral sendiri. Kekhawatiran tersebut lebih kepada munculnya orang yang ingin merusak kerukunan dan membuat kacau.

Selain kewaspadaan ekstra, pihaknya juga menyampaikan imbauan kepada umat agar tidak mudah terprovokasi dan membawa tas-tas besar yang dapat mencurigakan.