Polda Sulteng raih 'Polmas Award' 2016

id Polda

Polda Sulteng raih 'Polmas Award'  2016

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyerahkan Piala Lomba Polmas 2016 kepada Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriadi di Jakarta, Rabu (25/1). (Antarasulteng.com/Instimewa)

Polda Sulteng dalam lomba ini diwakili Polres Palu.
Palu (antarasulteng.com) - Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah sukses meraih piala dan piagam penghargaan dari Kapolri sebagai pemenang kelima babak final lomba perpolisian masyarakat (Polmas) tahun 2016/2017.

Piagam penghargaan itu diserahkan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian kepada Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriadi pada Rapim Polri di Jakarta, Selasa (25/1), demikian keterangan yang diperoleh dari Bidang Humas Polda Sulteng. 

Lomba ini diselenggarakan melalui 'The project on nationwide capacity development of police officers for Polmas-Indonesiaan civilian police activities' memperebutkan Piala Kapolri dan diikuti 33 Polda se-Indonesia.

Keluar sebagai Juara 1 adalah Polda Jateng, Juara 2 Polda Sultra, Juara 3 Polda Metro, dan Juara 4 Polda Bali.

Polda Sulteng dalam lomba yang diselenggarakan JICA (Japan International Coordination Agency) ini diwakili oleh Polres Palu. 

Terobosan yang diusung dan menjadi hal yang  menarik bagi JICA adalah adanya ruang kerja Bhabinkamtibmas di seluruh kelurahan se-Kota Palu serta adanya nota kesepahaman Polres Palu dengan Pemkot tentang pembentukan Satgas 5 K terkait penerapan strategi polmas yang efektif.

Penerapan strategi polmas yang efektif seperti ini bisa menghilangkan 'perang antarkampung,' efisien dan kegiatannya langung menyentuh masyarakat dengn adanya pembinaan dan penyuluhan secara berkelanjutan ke masjid setiap hari Jum'at dan gereja setiap hari minggu serta sekolah-sekolah dan komunitas-komunitas di kota palu.

Satgas 5 K ini beranggotakan Bhayangkara pembinaan Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) dari Polri, bintara pembinaan desa (TNI) serta lurah (Pemkot).