Proliga ajang seleksi pemain proyeksi SEA Games 2017

id proliga

Pebola voli Jakarta BNI Taplus Jose Da Silveira (kedua kiri) berusaha memblok bola spike dari pebola voli Bekasi BVN dalam laga lanjutan Proliga Putaran Kedua di Jakarta, (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Malang (antarasulteng.com) - Kompetisi Proliga 2017 yang dibuka di GOR Ken Arok Kota Malang, Jawa Timur, menjadi ajang seleksi bagi pemain untuk mengisi slot tim nasional (Timnas) cabang olahraga bola voli yang diproyeksikan untuk SEA Games 2017 di Malaysia.

"Ini adalah ajang seleksi untuk pemain lokal yang ingin masuk Timnas. Oleh karena itu, saya minta seluruh pemain lokal bermain dengan sungguh-sungguh jika ingin terpilih bermain untuk Timnas," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), Imam Soedjarwo saat membuka Proliga 2017 di GOR Ken Arok Kota Malang, Jumat.

Imam mengemukakan Proliga sebagai kompetisi bergengsi tinggi, sehingga seluruh pemain harus menjaga sportivitas, baik di dalam maupun di luar lapangan. Selama 16 tahun bergulir, Proliga selalu menghadirkan pemain terbaik di akhir musim. Dan, tahun ini diharapkan kembali seperti tahun-tahun sebelumnya.

Menurut dia, Proliga merupakan kompetisi yang bergengsi tinggi dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Proliga saat ini sudah menjadi kompetisi yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia. "Kami berharap seluruh pemain bisa memberikan permainan terbaik dan menghibur penonton yang hadir," ujarnya.

Imam juga berharap Proliga bisa membuat bola voli tetap mendapat tempat di hati masyarakat. "Harapan saya untuk Proliga 2017 ini, semoga olahraga bola voli bisa semakin dicintai oleh masyarakat Indonesia," ucapnya.

Proliga 2017 akan menyambangi delapan kota di Pulau Jawa dan Sumatera. Ada satu kota baru yang akan menjadi tuan rumah, yaitu Batam. Batam menggelar seri ketiga putaran pertama di GOR Temanggung Abdul Jamal, 10-12 Februari 2017.

"PBVSI memasang target untuk bisa menjangkau seluruh pecinta voli di Indonesia melalui Proliga yang akan hadir di beberapa kota, termasuk Pulau Batam yang pertama kalinya masuk kalender kami," paparnya.

Proliga 2017 akan bergulir selama empat bulan dari 27 Januari-23 April 2017. Kompetisi dibagi dalam dua putaran (tiga seri per putaran) dan dilanjutkan babak final four dan grand final. Tahun ini Proliga tak menyambangi Jakarta, bahkan laga grand final akan berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

Ada 13 tim yang bakal berlaga di ajang Proliga 2017. Sebanyak tujuh tim putri dan enam tim putra atau bertambah dua klub baru yang berpartisipasi di ajang tersebut. Jakarta Elektrik PLN dan Surabaya Samator berstatus sebagai juara bertahan putri dan putra.

Seri pertama Proliga 2017 akan dimulai dengan pertandingan tim putri yang mempertemukan juara bertahan Jakarta Elektrik PLN melawan Jakarta Pertamina Energi.
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar