Raker IAIN Prioritaskan Capaian Studi Islam Klasik

id iain

Raker IAIN Prioritaskan Capaian Studi Islam Klasik

Rektor IAIN Palu, Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag menghadiri rapat kerja IAIN Palu tahun 2017 di Mercure Hotel Palu, Jumat. (Muhammad Hajiji)

Palu, (Antarasulteng.com) - Rapat Kerja Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2017 memprioritaskan penyusunan program capaian pembangunan perguruan tinggi Islam negeri tersebut sebagai pusat studi Islam klasik.

Rektor IAIN Palu, Prof. DR. H. Zainal Abidin M.Ag menyatakan di Palu, Jumat, komponen civitas akademika IAIN Palu harus menyusun program pembangunan fisik dan non-fisk untuk percepatan capaian target perguruan tinggi tersebut sebagai pusat studi Islam klasik.

"IAIN Palu telah meletakkan visi menjadikan perguruan tinggi Islam negeri tersebut sebagai perguruan tinggi sebagai pusat stdi Islam klasik yang maju dan sejajar dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia," ungkap Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag

Pakar pemikiran Islam modern itu mengatakan bahwa perguruan tinggi Islam negeri tersebut menargetkan tahun 2.035 IAIN Palu telah menjadi kampus yang unggul di kawasan timur Indonesia dan dapat bersaing dengan kampus lainnya di wilayah barat Indonesia.

Dirinya meyakini bahwa visi tersebut dapat dicapai oleh perguruan tinggi Islam negeri tersebut dikarenakan IAIN Palu memiliki banyak sumber daya manusia yang mendukung, serta ketersediaan sarana dan infastruktur penunjang.

Karena itu, sebut dia, pembangunan multi aspek di IAIN Palu harus mulai dilaksanakan, dari sisi akademisi dan infastruktur serta sarana prasarana agar pusat studi Islam klasik dapat terealisasi.

"Kita memiliki banyak doktor dan beberapa guru besar yang berkapasitas, memiliki kemampuan yang dapat diandalkan oleh perguruan tinggi Islam negeri ini. Kita juga memiiki mutu pendidikan yang baik, terbukti dari kualitas sarjana keluaran IAIN Palu," urainya.

Terkait hal itu Kepala Bagian Keuangan IAIN Palu, Raodha mengatakan bahwa rapat kerja untuk menetapkan skala prioritas pelaksanaan program tahun 2018 yang sesuai dengan visi dan misi IAIN Palu.

Selain itu, sebut dia, raker yang dilaksanakan selama tiga hari mulai dari Jumat tanggal 17 - Minggu 19 Februari juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan terhadap mahasiswa dan masyarakat.

Raker IAIN Palu tahun 2017 dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjend Pendis) Kementerian Agama RI, H. Kamaruddin Amin P.hD, dan diikuti oleh peserta yang terdiri dari wakil-wakil rektor, dekan, direktur pascasarjana, ketua senat IAIN Palu, ketua-ketua lembaga, wakil dekan, kepala pusat, kepala unit, sekretaris lembaga, kabag dan kasubag, serta ketua-ketua lembaga kemahasiswaan.