IAIN Palu Buka Pendaftaran 21 Jurusan SPAN-UMPTKIN

id IAIN

IAIN Palu Buka Pendaftaran 21 Jurusan SPAN-UMPTKIN

Gambar gedung milik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu di Kabupaten Sigi. (Humas IAIN Palu)

Palu, (Antarasulteng.com) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah membuka 21 jurusan penerimaan mahasiswa baru pada Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UMPTKIN) Tahun 2017.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Palu Dr. Azma M Mardjun menyatakan di Palu, Rabu, jurusan-jurusan yang dibuka pada penerimaan mahasiswa baru lewat metode SPAN-UMPTKIN telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

"Iya, tahun 2017 IAIN Palu membuka 21 jurusan penerimaan mahasiswa baru yang terdiri dari 19 jurusan di tingkat Strata Satu (S1) dan 2 jurusan di tingkat Strata Dua (S2)," ungkap Azma M Mardjun.

Ia menguraikan 19 jurusan tingkat S1 terdapat di tiga fakultas meliputi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan komposisi jurusan pendidikan agama Islam, pendidikan bahasa Arab, managemen pendidikan Islam, pendidikan guru Madrasyah Ibtidaiyah, pendidikan Islam anak usia dini dan jurusan tadris bahasa Inggris.

Kemudian Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam meliputi jurusan muamalah (hukum ekonomi syariah), perbandingan mazhab, ahwal syakhsiyah (hukum keluarga), ekonomi syariah dan jurusan perbankan syariah.

Selanjutnya, sebut dia, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah terdiri dari jurusan aqidah dan filsafat Islam, ilmu al-qur`an dan tafsir, komunikasi dan penyiaran Islam, bimbingan dan konseling Islam, pengembangan masyarakat Islam, pemikiran politik Islam, sejarah dan kebudayaan Islam, serta jurusan ilmu perpustakaan dan informasi Islam.

Sementara tingkat S2, kata dia, Pascasarjana IAIN Palu membuka jurusan pendidikan Islam dan jurusan Ahwal Syakhsyiah (Hukum Keluarga yang didukung dengan ketersediaan sarana dan infastruktur kenyamanan kuliah yang memadai.

"Semua jurusan yang dibuka tingkat S1 dan S2 telah didukung dengan ketersediaan sarana yang memadai meliputi ruang kelas, pendingin ruangan, infokus serta koneksi jaringan internet yang dapat diakses di semua kelas," kata Azma.

Dia mengatakan bahwa penerimaan mahasiswa baru lewat metode SPAN-UMPTKIN ditargetkan mencapai 2.000 orang pada 2017 ini, dengan rincian 50 persen jalur SPAN, 30 persen jalur UMPTKIN dan 20 persen jalur ujian masuk mandiri atau lokal.

Ia menerangkan bahwa IAIN Palu telah membuka pendaftaran untuk jalur SPAN-PTKIN terhitung sejak tanggal 4 Maret - 7 April 2017, Jalur UM-PTKIN 10 April - 10 Mei 2017 dan jalur ujian masuk lokal mandiri 19 Mei - 12 Agustus 2017.