Moda transportasi listrik dari ITB

id mobil, listrik

Moda transportasi listrik dari ITB

Ilustrasi mobil listrik (pixabay/CC0 Public Domain)

Bandung (antarasulteng.com) - Institut Teknolgi Bandung (ITB) mengembangkan tiga inovasi transportasi berbasis listrik yakni bus listrik, kendaraan pengiriman listrik, dan Metro Capsule.Ketiga inovasi ini diharapkan mampu menambah beberapa inovasi transportasi yang sudah dikembangkang oleh ITB.

"Fokusnya di tiga bidang teknologi yang tadi. Kita kerjasama dengan berbagai perusahaan industri," kata Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Berkelanjutan ITB, Sigit Santosa, saat Pameran Karya Inovasi di Aula Barat ITB, Bandung, Minggu.

Dia menuturkan, inovasi-inovasi itu kini masih dalam tahap pengembangan tim ITB. Namun Metro Capsule sudah diujicoba dengan membangun track sepanjang 300 meter di Subang.

"Di sana diuji semua uji sistem, uji fungsi dan macem-macem dites di sana. Dan hasilnya cukup bagus," katanya.

Rencananya pembangunan Metro Capsule akan dilakukan di Kota Bandung sepanjang enam kilometer dari Stasiun Bandung, ke arah Dalem Kaum, Tegalega, dan kembali ke Stasiun Bandung.

Santosa menjelaskan, produksi kendaraan listrik itu nantinya akan bekerja sama dengan industri-industri manufaktur dalam negeri maupun luar negeri seperti PT INKA, PT KAI, PT INTI, PT PINDAD, PT Lens, dan berbagai kerjasama pengembangan dengan universitas luar negeri.

Ia menambahkan, pengembangan transportasi bertenaga listrik itu merupakan upaya menghadapi revolusi industri otomotif pada 2025. Selain itu, kendaraaan listrik ini menjadi alternatif transportasi dan solusi atas permasalahan kebutuhan energi pengganti BBM dan pencemaran lingkungan.

"Jadi nanti kendaraan dengan menggunakan bahan bakar kan berkurang bahkan habis diganti oleh kendaraan hibrida dan listrik," ujarnya.