Liga Champions - Monaco singkirkan Manchester City 3-1

id monaco

Liga Champions - Monaco singkirkan Manchester City 3-1

Pemain kesebelasan AS Monaco merayakan kemenagan atas Manchester City pada leg kedua 16 besar Liga Champions di Prancis. (https://twitter.com/championsleague)

Jakarta (antarasulteng.com) - Harapan Manchester City untuk berjaya di kompetisi Eropa kembali pupus setelah dikalahkan AS Monaco dengan skor 3-1 (agregat 6-6) pada pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions di Stadion Louis II, Monaco, Kamis pagi waktu Indonesia.

Manchester City tidak mampu memaksimalkan keunggulan agregat 5-3 yang sudah diupayakan pada leg pertama karena AS Monaco dipastikan lolos berkat keunggulan gol tandang yang tercipta pada leg pertama di Ettihad.

The Citizen sempat tertinggal pada babak pertama, namun memimpin agregat 6-5 setelah Leroy Sane membobol gawang Subasic pada pertengahan babak kedua. Sayangnya, tandukan Tiemoue Bakayoko 13 menit sebelum laga bubar membuyarkan harapan Sergio Aguero dan tim untuk melenggang ke perempatfinal.

Dengan hasil ini, maka dipastikan permepatfinal Liga Champions hanya melibatkan satu tim asal Inggris yaitu Leicester. Tim Inggris lainnya, Arsenal, tersisih lebih menyakitkan ditangan Bayern Muenchen dengan agregat 10-2 pada pekan lalu.

Statistik UEFA mencatat Manchester City menguasai 59 persen kepemilikan bola berbanding 41 persen. Namun Monaco lebih praktis dalam menyerang karena menghasilkan tiga gol dari empat sepakan on target, sementara City cuma satu gol dari tiga sepakan on-target.

Jalannya pertandingan

Aroma kemenangan Monaco sudah terlihat saat penyerang 18 tahun, Kylian Mbappe Lottin, menjebol gawang Caballero dari umpan Bernardo Silva saat laga baru berumur 8 menit.

Mbappe Lottin mencetak gol dari umpan terobosan Fabinho pada menit 16, namun gol tersebut dibatalkan wasit karena Mbappe terperangkap offside.

Monaco menggandakan keunggulan lewat sepakan Fabinho yang meneruskan umpan silang Benjamin Mendy pada menit 29. Skor 2-0 bertahan hingga jeda babak pertama.

Manchester City kemudian menerapkan taktik umpan-umpan pendek pada babak kedua. Strategi itu cukup ampuh untuk mengurung pertahanan Monaco pada awal babak kedua.

Sejumlah peluang emas pun tercipta dari aksi Sterling, Aguero dan Leroy Sane. Namun belum menghasilkan angka menyusul ketatnya pertahanan Monaco.

Pasukan Pep Guardiola akhirnya mencetak gol 2-1 (agregat 6-5) dari serangan yang dibangun De Bruyne kepada Sterling yang diteruskan Sane menjadi gol pada menit 71.

Namun keunggulan City tak berlangsung lama. Monaco kembali menyamakan kedudukan agregat 6-6 setelah Bakayoko mengonversi umpan tendangan bebas Lemar menjadi gol pada menit 77. Bakayoko yang berdiri tanpa kawalan berhasil menanduk bola masuk ke gawang Caballero.

Manchester City mencoba menggali peluang dengan 13 menit waktu yang tersisa, namun skor 3-1 (agregat 6-6) memastikan Monaco lolos ke perempatfinal berkat gol tandang yang tercipta di kandang City. Demikian UEFA.

Susunan pemain:

Monaco (4-4-2): 
Subasic; Jemerson, Raggi, Sidibe, Mendy; Fabinho, Silva, Lemar, Bakayoko; Germain, Mbappe.
Cadangan: De Sanctis, Diallo, Touré, Jorge, Moutinho, Dirar, Cardona

Man City (4-1-4-1): Caballero; Sagna, Stones, Kolarov, Clichy; Fernandinho; Sterling, Silva, De Bruyne, Sane; Aguero.
Cadangan: Bravo, Zabaleta, Navas, Delph, Otamendi, Toure, Iheanacho.