Hasyim Muzadi Berkontribusi Besar Dalam Pembinaan Umat

id hasyim muzadi

Hasyim Muzadi Berkontribusi Besar Dalam Pembinaan Umat

Hasyim Muzadi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag menyatakan KH. Hasyim Muzadi memberikan kontribusi yang besar terhadap bangsa ini dalam upaya pembinaan umat.

"Beliau tokoh nasional dari Nahdlatul Ulama yang dakwah-nya diterima oleh semua kalangan manusia utamanya di Indonesia," kata Prof. Zainal Abidin M.Ag yang dihubungi di Palu, Kamis, terkait wafatnya KH. Hasyim Muzadi di Kota Malang.

Zainal Menyebut KH. Hasyim Muzadi merupakan salah satu tokoh nasional yang moderat dan sangat nasionalis yang dimiliki bangsa ini.

Pemikiran dan gerakan dakwah yang dibangunnya serta nasehat-nasehatnya yang tidak hanya disampaikan kepada kalangan NU hampir dapat diterimah oleh semua kalangan, agama dan ras di Indonesia.

Hasyim Muzadi, sebut Zainal Abidin, merupakan sosok ulama di Indonesia yang sangat intektual, realistis dalam melihat masalah serta bijak menanggapi dan menyelesaikan problem umat.

"Beliau tokoh yang sangat moderat dan sangat nasionalis, pemikiran dan gagasan serta langkah-langkah penyelesaian masalah umat dari beliau sangat bijak dan arif," sebutnya.

Ia menguraikan berkembang Nahdlatul Ulama tidak terlepas dari gagasan, pemikiran dan kerja-kerja cerdas KH. Hasyim Muzadi.

Dimana, kata dia, lewat KH. Hasyim Muzadi, NU besar dan berkembang di Indonesia bahkan sampai ke luar bahkan membentuk cabang-cabang di luar negeri.

"NU cukup maju dan besar di bawah kepemimpinan Hasyim Muzadi, beliu mampu membangun dan membentuk pengurusan cabang NU di luar negeri," urainya.

Lanjut dia mengatakan KH. Hasyim Muzadi sebagai pelanjut dari gagasan-gagasan Tokoh NU KH Abdurrahman Wahid (Gusdur) patut untuk diteladani oleh warga NU.

"Beliau sosok yang mengejarkan kepada seluruh warga NU untuk menerima perbedaan dari sisi agama, sosial dan budaya. Beliau sangat santun dalam dakwah, karena itu beliau diterimah dan di sayangi oleh umat," terangnya.