KPU Sigi Launching Rumah Pintar Pemilu

Pewarta : id kpu

Komisi Pemilihan Umum (antaranews.com)

Sigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah meluncurkan rumah pintar Pemilu yang ditempatkan di kantor KPU Sigi, Senin.

"Ini dilakukan sebagai bentuk edukasi atau pendidikan Kepemiluan kepada masyarakat, khususnya kepada pemilih pemula," kata Ketua KPU Sigi, Taufik Lasenggo.

Dia menjelaskan rumah pintar Pemilu menyajikan materi pendidikan pemilu yang memuat sarana untuk memperkenalkan, memahamkan, menanamkan kesadaran dan menginspirasi masyarakat terhadap pentingnya nilai nilai demokrasi.

Dalam rumah pintar pemilu kata dia, empat fungsi ruang yang mutlak disiapkan yakni fungsi penayangan audio visual, ruang pamer, ruang simulasi, dan ruang diskusi.

Sementara materi-materi yang harus disipakan tentang kepemiluan dan demokrasi sebagai bahan pendidikan pemilih, antara lain dalam bentuk maket atau diorama, panel dinding informasi baik manual atau digital, booklet, leaflet, flyer, video, film.

"Ditempat ini semua akan dijelaskan secara lebih rinci," ungkapnya.

Khusus untuk pemilih pemula kata dia, merupakan bagian dari salah satu program sosialisasi yang dilakukan oleh KPU, dengan mendatangi sekolah-sekolah tersebut. Namun dengan adanya rumah pintar, metode sosialisasi akan dilakukan sebaliknya dengan mengundang pihak sekolah untuk datang ke rumah pintah Pemilu KPU.

Tidak hanya sekolah, pihaknya juga akan mengundang seluruh pemerintah desa untuk belajar di rumah pintar, yang kedepanya mereka akan melaksanakan pemilihan kepala desa.

"Kami mengharapkan semua segmen untuk hadir dan belajar bersama di rumah pintar ini, dengan kapasitas sekitar 20 orang," harapnya.

Untuk mensukseskan itu, pihaknya akan membangun kerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Sigi, khususnya dinas perhubungan dalam hal penyiapan kendaraan bis yang akan mengantarkan pengunjung ke rumah pintar KPU.

Kemudian kerjasama juga akan dibangun dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) untuk menyampaikan informasi lebih rinci tentang program rumah pintar ini kepada pemerintah desa yang langsung di bawah koordinasi mereka.

Hadir dalam launching itu, perwakilan KPU Sulteng Samsul Y Gafur, perwakilan KPU kabupaten dan kota, pemerintah kabupaten Sigi, masyarakat dan mahasiswa.  
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar