Bupati Minta Camat Dorong Desa Bentuk Bumdes

id irwan

Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapata (ist)

Sigi, (antarasulteng.com) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohammad Irwan Lapata meminta para camat terus mendorong setiap desa segera membentuk badan usaha milik desa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Semua desa harus punya BUMDeS," kata Bupati di Sigi, Senin.

Bupati Irwan mengatakan hingga saat ini baru sekitar 114 dari 176 desa tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Sigi yang sudah memiliki BUMDeS.

Menurut dia, jumlah itu masih sedikit sehingga camat harus lebih proaktif dalam mendorong desa agar segera membentuk BUMDeS di wilayah masing-masing.

BUMDES merupakan salah satu program pemerintah pusat untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di setiap daerah, termasuk Kabupaten Sigi.

Desa yang sudah memiliki BUMDeS, kata Bupati Irwan diharapkan dapat menampung produksi petani minimal yang ada di desanya .

Dengan kehadiran BUMDeS, masyarakat petani tidak lagi kesulitan menjual hasil pertanian, perkebunan, dan lainnya karena sudah tersedia pasar yang akan menampung berbagai produk masyarakat.

Sementara kebutuhan masyarakat yang tidak ada di desa itu bisa diperoleh karena tersedia di BUMDeS.

Ke depan, kata dia, BUMDeS juga diharapkan dapat berperan sebagai Rumah Pangan Kita (RPK) yang merupakan salah satu program pemerintah pusat untuk sistem pelayanan bantuan pangan non-tunai (BPNT) yang akan menggunakan kartu.

Sementara Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sulteng Achrul Udaya menyambut positif program pembentukan BUMDeS di setiap desa di Tanah Air.

"Ini program yang prorakyat sehingga perlu mendapat dukungan semua pihak," kata dia.

Menurut dia, dengan BUMDeS, petani semakin mudah untuk menjual berbagai produksi mereka yang selama ini sulit di pasarkan karena berbagai hambatan terutama traportasi akibat tidak ada akses jalan memadai.

Di Kabupaten Sigi, kata dia, masih banyak desa, bahkan kecamatan yang belum bisa dijangkau kendaraan roda empat. "Desa-desa terisolir sehingga ekonomi masyarakat sangat sulit meningkat," katanya.

Namun, dengan program pemerintah terkait pembentukan BUMDeS di setiap desa, diharapkan berbagai potensi yang ada di desa dapat digali dan dikembangkan sehingga pada akhirnya akan menyejahterakan petani. 
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar