PLN Upayakan Listrik Normal Sebelum Ujian Nasional

id PLN, tower

PLN Upayakan Listrik Normal Sebelum Ujian Nasional

Tower PLN di tepi Sungai Puna Poso yang roboh pada Senin (24/4). (Antarasulteng.com/Istimewa)

"Ya mudah-mudahan saja semua berjalan lancar sehingga kebutuhan listrik untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dapat terpenuhi," kata Emir.
Palu (antarasulteng.com) - PT PLN terus melalukan perbaikan terhadap salah satu tower PLTA di Kabupaten Poso yang roboh akibat terjangan banjir beberapa waktu lalu dan diupayakan sebelum pelaksanaan ujian nasional sudah selesai dan pasokan listrik kembali normal.

"Tim teknisi kamu sedang berjuang dibantu anggota TNI untuk pembangunan kembali tower PLTA yang roboh sehingga pasokan listrik dari Poso ke sejumlah daerah di Sulteng untuk sementara ini terhenti," kata Manager PLN Area Palu, Emir Muhaimin, Sabtu.

Ia mengatakan tower nomor 46 yang terletak di Kecamatan Poso Pesisir Utara roboh dihantam banjir dan untuk menormalkan kembali suplai listrik dari PLTA Sulewana Poso, kini sedang dibangun tower baru.

Kerangka tower emergency, kata dia, didatangkan dari Gorontalo dan Makassar dan rencananya jika tidak ada gangguan berarti mulai 01 Mei 2017 sudah dilakukan ujicoba.

"Ya mudah-mudahan saja semua berjalan lancar sehingga kebutuhan listrik untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dapat terpenuhi," kata Emir.

Ada beberapa wilayah di Sulteng yang selama ini mendapat pasokan daya dari PLTA Poso.

Khususnya sistem kelistrikan Palu yang meliputi Kota Palu, Kabupaten Donggala, Parigi Muotong dan Sigi (palapas) masih sangat tergantung pada suplai daya dari PLTA.

Sebagian besar kebutuhan listrik di empat wilayah tersebut ditunjang dari PLTA Poso, PLTU Palu dan juga PLTD milik PT PLN.

Karena itu, jika salah satu dari PLTA dan PLTU mengalami gangguan, maka sistem kelistrikan Palu akan mengalami defisit daya cukup besar seperti yang terjadi sekarang ini.

Sistem kelistrikan palapas kini mengalami kekurangan daya sebesar 60 megawatt. Akibatnya, pemadaman bergilir secara merata dilakukan PLN setempat.

Namun,jika tidak ada halangan mulai Senin (1/5) pekan depan, pasokan listrik dari PLTA Poso sudah kembali normal seperti sediakala.***