Asosiasi Nelayan Bagan Tolitoli Dikukuhkan

id nelayan

Palu, (antarasulteng.com) - Wakil Bupati Tolitoli, Abdul Rahman H Budding mengukuhkan pengurus asosiasi nelayan Bagan Kabupaten Tolitoli, di Kampung Nelayan Pelabuhan Dede Kelurahan Sidoarjo, Rabu.

Dalam rilis yang diterima Antara, pengukuhan itu berdasarkan hasil musyawarah pemilik bagan Kabupaten Tolitoli, pada 5 April lalu. Dalam musyawarah itu disepakati perlu adanya penyegaran organisasi dan peningkatan peran serta tugas asosiasi sebagai penyalur aspirasi yang diketuai oleh Rahmat Ali.

Wakil Bupati Tolitoli, Abdul Rahman mengatakan pemerintah daerah akan terus berkomitmen untuk membangun kehidupan nelayan lebih baik, dengan sejumlah program dan kegiatan serta kebijakan melalui dinas Perikanan kabupaten.

"Semua yang dilaksanakan harus dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat," ungkapnya.

Wabup juga berharap kepengurusan asosiasi nelayan Bagan Tolitoli dapat membantu pemerintah daerah, dalam membangun sinergitas dengan berbagai pihak, untuk mewujudkan Tolitoli yang sejahtera, berkarakter aktif, adil dan religius.

Sementara itu, ketua asosiasi nelayan Bagan, Rahmat Ali mengharapkan adanya perhatian lebih yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada para nelayan. Sebab kata dia, kontribusi dan peran nelayan untuk kesejahteraan masyarakat saat ini sangatlah besar.

"Sebagian besar ikan yang ada di masyarakat saat ini adalah hasil dari nelayan Bagan," ungkapnya.

Rahmat berharap adanya jaminan kesejahteraan dan santunan kecelakaan, apabila terjadi sesuatu yang tidak di harapkan saat bekerja di laut. Bagan merupakan salah satu jaring angkat yang dioperasikan di perairan pantai pada malam hari, dengan menggunakan cahaya lampu sebagai faktor penarik ikan.