Paus imbau jangan ada bom gunakan nama ibu

id paus

Paus Fransiskus. (REUTERS/Gary Cameron)

Saya merasa malu ketika mendengar nama itu
Milan (antarasulteng.com) - Paus Fransiskus mengimbau sekaligus melontarkan kritik agar jangan ada bom menggunakan nama ibu, layaknya bom nonnuklir terbesar yang dimiliki Amerika Serikat (AS) dinamai Ibu Segala Bom (the Mother of All Bombs/MOAB).

"Saya merasa malu ketika mendengar nama itu," kata Paus Fransiskus di depan rombongan mahasiswa di Milan, Italia, Sabtu (6/5).

Pemimpin Tahta Suci Katholik di Vatikan itu pun menimpali, "Seorang ibu memberikan kehidupan, sementara bom ini menyebabkan kematian, dan kita menyebut peledak ini sebagai ibu. Ada apa ini?"

Ia pun mengritisi kata "ibu" jangan digunakan untuk menyebut senjata mematikan.

Komentar tajam Paus Fransiskus itu merujuk ke aktivitas Angkatan Udara AS (US Air Force) pada bulan lalu menjatuhkan bom seperti itu, yang secara resmi disebut dengan GBU-43 Massive Ordnance Air Blast (MOAB), ke arah para tersangka petempur ISIS di Afghanistan timur.

Nama panggilan Ibu Segala Bom (the Mother of All Bombs/MOAB) tersebut digunakan secara luas dalam pemaparan dan laporan menyangkut serangan Angkatan Udara AS.

Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu dengan Presiden AS Serikat Donald Trump pada 24 Mei 2017, yang diperkirakan banyak pihak akan berlangsung canggung karena kedua tokoh itu memiliki perbedaan pandangan menyangkut imigrasi, pengungsi dan perubahan iklim. (skd)

Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar