Pendaftaran Bpjs Kesehatan Bisa Dari Rumah

id bpjs

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Palu Hartati Rachim menyatakan pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan saat ini sudah dapat dilakukan dari rumah.

"Calon peserta tinggal menyiapkan data dan syarat yang dibutuhkan kemudian menghubungi `care center` melalui sambungan telepon 1500-400," katanya saat dihubungi di Palu, Senin.

Hartati menjelaskan bahwa yang perlu disiapkan calon peserta sebelum mendaftar melalui telepon antara lain nomor kartu keluarga (KK), nomor induk kependudukan (NIK), nomor rekening tabungan, nomor handphone, alamat domisili atau tempat tinggal yang akan dipergunakan untuk pengiriman kartu dan alamat email.

"Informasi itu nantinya akan ditanyakan petugas `care center` melalui sambungan telepon," katanya.

Setelah itu, kata dia, petugas care center BPJS Kesehatan akan mengirimkan nomor virtual account (VA) ke nomor ponsel atau email calon peserta. Usai mendapatkan notifikasi nomor VA, peserta diwajibkan membayar iuaran pertama paling cepat 14 hari dan paling lambat 30 hari, setelah VA diterbitkan.

"Pembayaran pertama wajib dilakukan di bank atau ATM. Untuk pembayaran kedua dan seterusnya dilakukan sistem auto debet," ujarnya.

Setelah pembayaran pertama selesai dan kartu peserta dinyatakan aktif, maka pihak BPJS Kesehatan akan mencetak dan mendistribusikan kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang telah didaftarkan di awal.

"Jadi harus menunggu 14 hari baru bayar dan tidak boleh lewat 30 hari, jika lebih dari waktu ditetapkan, maka pendaftaran dianggap hangus dan calon peserta harus mendaftar kembali untuk mendapatkan nomor VA yang baru," ujarnya lagi.

Mantan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju, Sulbar itu mengatakan layanan itu khusus ditujukan kepada masyarakat yang ingin mendaftar kepesertaan dari calon peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU) atau dikenal sebagai peserta mandiri dan peserta kategori bukan pekerja (BP).

"Ini merupakan inovasi untuk solusi atas kunjungan peserta yang semakin banyak ke kantor, ditambah antrean yang semakin panjang, maka banyak peserta pastinya akan kecewa, karena telah menguras waktu, biaya dan tenaga," ungkapnya.

Saat ini, kata dia, kantor BPJS Kesehatan Cabang Palu, setiap harinya dikunjungi hampir 200 orang baik peserta maupun calon peserta. Mereka yang datang, tidak hanya ingin mendaftar sebagai peserta, tetapi ada juga yang ingin mendapatkan informasi dan mengurus hal-hal lainnya.

"Jadi dengan adanya layanan ini, calon peserta tidak lagi perlu antri di kantor atau ditempat layanan lainnya untuk melakukan pendaftaran, cukup dari rumah dan semuanya selesai," tutup Hartati Rachim. (skd) 
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar