Bupati Sigi: Amankan Stok Jelang Puasa

id irwan

Bupati Sigi, Irwan Lapata (portalsulawesi.com)

Sigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapata meminta dinas terkait mengamankan stok dan harga berbagai bahan kebutuhan pokok masyarakat menjelang Puasa dan Lebaran.

"Permintaan masyarakat dipastikan meningkat, sehingga perlu diimbangi ketersedian barang terutama menyangkut pangan," katanya di Sigi, Jumat.

Ia meminta semua instansi terkait di Kabupaten Sigi untuk melakukan pengamanan terhadap kebutuhan masyarakat yang banyak diperlukan sehari-hari.

Ada beberapa komoditas pangan dan kebutuhan lainnya yang sangat dibutuhkan masyarakat menghadapi Puasa dan juga Idul Fitri, sehingga stok harus tersedia dalam jumlah memadai.

Menurut Irwan, jika stok tersedia dalam jumlah memadai, maka pedagang tidak akan berani menaikkan harga.

Apalagi, kata dia, ada sejumlah komoditas pangan yang sudah ditetapkan harga eceran tertinggi (HET) oleh pemerintah pusat dan daerah harus mengamankan kebijakan tersebut.

Karena itu, semua instansi terkait yang ada di Kabupaten Sigi hendaknya melakukan pemantauan dan pengendalian stok dan harga menjelang Ramadhan.

Berbagai komoditas strategis seperti minyak goreng, beras, gula, tepung terigu, telur, bawang, cabai dan daging harus mendapat perhatian instansi terkait di Kabupaten Sigi.

Komoditas yang telah ditetapkan HET oleh pemerintah pusat yakni gula pasir, daging beku, dan minyak goreng harus diawasi.

"Tiga komoditas ini harus diawasi agar harga sesuai dengan HET yang ditetapkan pemerintah," kata Bupati Irwan.

Ia berharap pasokan barang kebutuhan pokok, terutama yang selama ini didatangkan dari luar daerah seperti gula, bawang putih, dan tepung terigu harus dijaga keberlanjutan pasokannya.

Jangan sampai pasokan tidak lancar dan menyebabkan stok menipis, maka hal itu bisa memicu harga di pasaran naik.

"Tetapi sebaliknya jika pasokan lancar dan stok tersedia di pasaran, maka harga pun akan tetap stabil," kata dia.

Kabupaten Sigi berbatasan langsung dengan Kota Palu, sehingga sangat menguntungkan dari disi distribusi berbagai kebutuhan masyarakat di daerah itu cepat terlayani dari Kota Palu. (skd) 
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar