Pemkab Tojo Unauna bakal gelar Pameran Pesona Kampung

id Touna

Pemkab Tojo Unauna bakal gelar Pameran Pesona Kampung

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tojo Unauna, Zainal. (Antarasulteng.com/Sulapto)

Zainal: iven ini untuk mempromosikan lokasi-lokasi wisata serta kekayaan seni, budaya dan kuliner Tojo Unauna.
Ampana (Antarasulteng.com) - Dinas Pariwisata Kabupaten Tojo Unauna, Provinsi Sulawesi Tengah, siap menggelar pameran  "Lipuku Togean Touna" atau pesona kampung Togean-Touna yang akan berlangsung selama sebulan penuh pada Oktober 2017.

Pelaksana Tugas Kadis Pariwisata Kabupaten Tojo Unauna, Zainal  di Ampana, Selasa mengatakan, pameran tersebut merupakan salah satu upaya mendongkrak kunjungan wisatawan di daerah yang memiliki taman laut di Kepulauan Togean itu.

Pameran pesona kampung itu, kata dia, akan dipusatkan di Kecamatan Ampana Kota dan Kecamatan Ratolindo, di sepanjang jalan yang membentang di bibir pantai mulai dari jembatan hayal sampai pasar pagi Ampana.

"Iven ini bersamaan dengan kegiatan Pemprov Sulteng yang dilaksanakan untuk mempromosikan tempat-tempat wisata kita, bukan hanya yang ada di kepulauan tetapi juga di daratan," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa dalam pameran itu akan ditampilkan pesona-pesona kampung, kearifan lokal dan kekayaan seni dan budaya setiap kampung serta kuliner yang layak dipromosikan ke dunia luar.

Tentunya, ucap Zainal, pameran pesona kampung itu akan menguntungkan secara ekonomi masyarakat Touna maupun pemerintah daerah Kabupaten Tojo Unauna, apalagi pameran pesona kampung itu akan disaksikan berbagai pihak dari berbagai tempat di Indonesia.

"Kita memang selektif untuk memilih iven-iven untuk mempromosikan tempat wisata. Jadi ini bukan hanya untuk menghabiskan anggaran, tetapi harapannya akan berdampak dikemudian hari bagi daerah dan masyarakat," katanya.

Kabupaten Tojo Unauna, kata Zainal, memiliki banyak tempat wisata menarik, bukan hanya di wilayah kepulauan saja, seperti Togean tetapi juga di daratan seperti air terjun dan air panas di Marowo, arum jeram di Sungai Bongka, pantai pasir putih Ampana Tete maupun Banano.

Ia mengharapkan peran aktif semua pihak untuk bersama-sama bekerja memajukan sektor kepariwisataan Kabupaten Touna dengan menciptakan kondisi yang aman dan nyaman, lingkungan yang bersih serta keramah-tamahan kepada para pengunjung.