Baznas Sulteng Salurkan Sembako Kepada Suku Terasing

id baznas

Baznas Sulteng Salurkan Sembako Kepada Suku Terasing

Baznas (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sulawesi Tengah menyalurkan ribuan paket sembilan bahan pokok bantuan pemerintah pusat kepada suku terasing di beberapa daerah.

Masing-masing berisi beras, gula, minyak goreng, susu dan minuman, kata Ketua Baznas Sulteng Hj Dahlia Syuaib di Palu, Kamis.

Paket itu telah disalurkan kepada suku Tajio di Desa Siputara, Kecamatan Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong.

Selain itu, pada Sabtu 17 Juni direncanakan Baznas Sulteng menyalurkani bantuan yang sama kepada suku Wan di Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam waktu deka pihaknya akan menyalurkan paket sembako ke suku Wana di Ulubongka, Kabupaten Tojo Una-Una, yang berkisar 350 kepala keluarga, dan suku terasing di pegunungan Toaya, Kabupaten Donggala.

Jumlah bantuan tersebut diperkirakan 1.500 paket.

Dia mengatakan, saat ini Baznas kesulitan memastikan data keberadaan suku terasing.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinsos, tetapi instansi pemerintah itu juga tidak memiliki data yang jelas, sehingga Baznas praktis bekerja sendiri.

Menurutnya, anggaran untuk bantuan tersebut bersumber dari pemerintah pusat.

Sementara, dana dari Pemerintah Provinsi Sulteng dialokasikan untuk 190 paket sembako yang juga akan disalurkan ke suku terasing di daerah lain, namun karena ada banjir di Tolitoli, maka tersebut dialihkan derah terdampak bencana itu.

"Kami terima kabar bahwa di sana banyak yang tidak terjangkau oleh bantuan meski Menteri Sosial dan pihak swasta sudah turun langsung, tapi tidak menyentuh warga di gang-gang," katanya.

Oleh karena itu Baznas Sulteng akan menyalurkan 190 paket ditambah dengan beberapa karung beras, 100 dus mi cepat saji, 250 dus air mineral dan pakaian layak pakai, kata Dahlia. (skd)