Ronaldo Cetak Hatrik Saat Real Taklukan Ajax

id Cristian, ajax, real madrid, sepak bola

Cristiano Ronaldo (REUTERS/Sergio Perez)

Amsterdam - Cristiano Ronaldo mencetak hatrik ketika Real Madrid mempersiapkan diri untuk Clasico akhir pekan ini dengan kemenangan 4-1 atas Ajax pada Rabu (Kamis WIB), untuk menjaga awal sempurna mereka di Liga Champions.

Ronaldo, yang mencetak gol kemenangan ketika juara Spanyol itu meraih kemenangan di Grup D atas Manchester City, berada di daftar pencetak gol bersama Karim Benzema, sedangkan satu-satunya gol Ajax dicetak oleh Niklas Moisander.

Deretan gol ini dapat menjadi lebih buruk lagi bagi Ajax, jika  kiper Kenneth Vermeer tidak melakukan serangkaian penyelamatan bagus.

Di depan penonton yang berjumlah 50.000 orang, Madrid memulai pertandingan dengan tempo cepat, dan mendapat serangkaian tendangan sudut pada sepuluh menit pertama, namun mereka gagal memaksimalkan dominasi awalnya.

Ronaldo nyaris membuka keunggulan bagi raksasa Spanyol itu pada menit ke-15.

Mendapat operan dari Kaka, penyerang asal Portugal itu mendapat peluang untuk melepaskan tembakan ke gawang Ajax, namun berkat pemikiran cepat, Vermeer, kiper itu mampu mempertahankan gawangnya tidak kemasukan.

Vermeer kembali membuktikan keberaniannya beberapa saat kemudian, ketika ia mementahkan upaya-upaya Kaka - yang bermain sejak menit awal untuk pertama kalinya di musim ini, setelah tampil sebagai pemain pengganti saat Real menang 5-1 atas Deportivo La Coruna pada akhir pekan di Liga Spanyol - dan Benzema.

Pada serangan yang jarang di area Real, kapten Ajax, Siem de Jong, melepaskan tembakan yang masih melebar dari luar kotak penalti.

Vermeer masih mampu menjaga gawangnya dari serbuan pemain Real sampai tiga menit menjelang turun minum, ketika Benzema melakukan gebrakan dari sisi kiri dan mengoper bola pada Ronaldo, yang mencetak gol dari jarak dekat.

Itu merupakan sebuah penghargaan bagi pasukan Jose Mourinho, setelah melepaskan setidaknya 14 tembakan akurat pada babak pertama, di mana Ronaldo melepaskan enam tembakan.

Sebaliknya, penyerang Ajax, Ryan Babel, gagal menerobos barisan pertahanan Real.

Ajax memulai babak kedua dengan tekad menghindari kekalahan dari Real di kandang sendiri untuk musim ketiga secara berturut-turut.

Namun nasib tidak memihak Ajax, ketika pada menit ketiga babak kedua, mereka kemasukan gol melalui tendangan salto Benzema.

Itu merupakan klimaks dari pergerakan bagus yang diawali Marcelo, yang memberi operan pada Kaka di sektor kanan, pemain Brazil itu kemudian memberikan umpan silang pada Benzema yang dituntaskan dengan sepakan indah ke tiang jauh.

Ajax memperkecil ketinggalan pada menit ke-56, ketika tendangan sudut Cristian Eriksen disundul melewati Iker Casillas oleh Moisander, untuk memberi harapan bagi tuan rumah.

Benzema memiliki peluang bagus untuk mengembalikan keunggulan dua gol timnya pada menit ke-60, namun sundulan penyerang Prancis itu melambung tinggi setelah mendapat umpan akurat dari Kaka.

Real mendapat sedikit tekanan dari Ajax, namun Ronaldo memastikan kemenangan timnya, melalui tembakan melengkung melewati Vermeer pada menit ke-79, kemudian dua menit berselang ia mencungkil bola operan pemain pengganti Sami Khedira yang melewati kepala sang kiper, untuk mencatatkan hatrik pertamanya di kompetisi ini.

Semifinalis Liga Champions dalam dua musim terakhir ini, Real, sekarang memuncaki klasemen grup dengan keunggulan dua poin atas Borussia Dortmund, dan akan menjalani pertandingan Minggu (7/10) melawan seteru abadi, Barcelona, dengan kepercayaan diri tinggi., (ANTARA/AFP/H-RF/SKD)


Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar