Ribuan Umat Islam Hadiri Haul Guru Tua

id Haul, Guru Tua

Ribuan Umat Islam Hadiri Haul Guru Tua

Suasana haul pendiri Alkhairaat Habib Idrus bin Salim Aljufri ke 49 di Kompleks Peguruan Islam Alkhairaat Jalan Sis Aljufri KOta Palu, Sabtu (8/7). (Foto:Husnan Muhammad)

"Kehadiran mereka merupakan kecintaan yang mendalam kepada pembawa ajaran Islam di kawasan timur Indonesia itu,"
Palu (antarasulteng.com) - Diperkirakan tidak kurang dari 10 ribu umat Islam dari berbagai penjuru daerah di Indonesia menghadiri peringatan wafatnya pendiri Alkhairaat Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri di kompleks perguruan Islam Alkhairaat, di Palu, Sabtu.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Alkhairaat Lukman S Thahir mengemukakan abnaulkhairaat (keluarga besar Alkhairaat) yang hadir antara lain berasal dari Ternate, Halmahera, Ambon, Gorontalo, Manado, Makassar, Sulawesi Barat, Donggala, Sigi, Palu, Kaliman Utara, Jakarta, hadir untuk mengenang kembali perjuangan Habib Idrus Bin Salim Aljufri.

"Kehadiran mereka merupakan kecintaan yang mendalam kepada pembawa ajaran Islam di kawasan timur Indonesia itu," kata Lukman.

Lukman mengatakan bahwa murid dan alumni dari Alkhairaat yang berasal dari Singapura, Thailand, Malaysia dan Australia serta yang berada di timur tengah juga turut serta hadir pada peringatan tersebut.

Tidak hanya itu berbagai pejabat negara dan daerah turut serta hadir di panggung utama Haul Guru tua di Jalan Sis Aljufri.

Mereka antara lain Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, Ketua Badan Legislasi DPR-RI Supratman Andi Agtas, Gubernur Sulteng Longki Djanggola di wakili Asisten I Arif Latjuba, Wali Kota Palu diwakili Sekkot Asri, Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu.

"Hari ini abnaulkhairaat berkumpul di Alkhairaat bersama Ketua Utama Alkhairaat Habib Saggaf Bin Muhammad Bin Salim Aljufri memperingati Haul Guru Tua," ujarnya.

Para abnaulkhairaat turut serta memberikan sumbangsi yang besar terhadap pendidikan Alkhairaat untuk keberlangsungan dan keberlanjutan pendidikan Islam di lembaga pendidikan tersebut.

"Murid dan alumni Alkhairaat berkumpul, bersatu memperingati dan mengingat kembali perjuangan dakwah Islam," ujarnya.***