Gubernur Sulteng Ajak Parpol Jaga Stabilitas Politik

Pewarta : id longki

Gubernur Longki Djanggola (Humaspemprov)

Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola mengajak seluruh pimpinan partai politik di daerah itu menjaga stabilitas politik menjelang pilkada, pilpres serta pemilihan legislatif tahun 2018 dan 2019.

"Kita tidak lama lagi memasuki tahun politik, karena itu kepada seluruh pimpinan partai di daerah ini mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban proses demokrasi di tahun mendatang," kata Longki saat menyampaikan sambutannya dalam halal bihalal di Sekretariat DPD Partai Gerindra Sulteng di Palu, Senin malam.

Ketua DPD Gerindra Sulteng itu berpesan, pada pelaksanaan Pilkada maupun Pilpres dan pemilihan legislatif mendatang sudah menjadi tanggung jawab bersama menjaga stabilitas politik. Sehingga, kegaduhan dan kesimpangsiuran di tengah masyarakat tidak perlu terjadi.

Dalam Proses politik secara nasional dan yang akan dilaksanakan di Sulteng tahun-tahun mendatang, Gubernur meminta agar selalu mengedepankan asas kekeluargaan dan persaudaraan.

"Bukan karena kita memiliki kepentingan-kepentingan sesaat kemudian melupakan silaturahim antarsesama. Kadang kala persoalan politik membuat masyarakat seperti perang saudara," kata Longki.

Dia menginginkan proses politik khususnya di wilayah Sulteng pada pemilihan kepala daerah nanti dapat terlaksana dengan baik serta berjalan sesuai koridor dan aturan-aturan main yang telah ditetapkan penyelenggara.

"Tak perlu saling menghujat antarsatu dengan yang lainnya, dalam proses demokrasi tentu ada kalah dan menang," katanya.

Menurut Longki, hasil pemilihan nanti perlu mengedepankan transparansi dan keterbukaan sehingga akses informasi juga diharapkan dapat membawa dampak positf bagi politik di Sulteng.

Meski begitu, lanjutnya, masing-masing partai juga memiliki hak-hak dan kesempatan untuk bertarung di Pilpres, Pilkada maupun Pileg untuk meraup suara terbanyak yang tentunga tidak terlepas dari sportivitas.

Dirinya juga menyampaikan kepada para pimpinan parpol dan tokoh-tokoh di daerah itu agar senantiasa memberikan dukungan terhadap pemerintahan yang dipimpinnya agar Sulteng dapat maju dan sejajar dengan provinsi maju di kawasan Indonesia timur.(skd) 
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar